7 Hal yang Dilakukan Orang-orang Sukses Sebelum Pulang Kantor

Setiap karyawan punya cara tersendiri untuk menghabiskan sisa-sisa jam kerja sebelum akhirnya pulang ke rumah. Ada yang bermain ponsel sambil menunggu waktunya pulang atau jemputan, tak sedikit pula yang langsung meninggalkan kantor sesaat setelah tugas terselesaikan. 

Meski kelihatan sepelenya, pekerja disarankan untuk mempergunakan momen sebelum pulang kantor sebaik-baiknya. Menurut ahli karier, akhir jam kerja bisa mempengaruhi hubungan personal, tingkat kebahagiaan, dan kualitas istirahat. Untuk itu, coba lakukan tujuh hal berikut ini sebelum pulang kantor yang juga sering diterapkan orang-orang sukses:

1. Cek to-do list
Para CEO sibuk dan orang-orang sukses lainnya biasanya punya to-do list atau daftar pekerjaan yang sering berubah-ubah. Sebelum meninggalkan kantor, mereka pun sering memeriksa daftar tersebut untuk memastikan tidak ada tugas yang terlewat. Selain mengecek, Anda juga bisa sekaligus memperbarui to-do list untuk hari berikutnya.

2. Bereskan Meja dan Dekstop
Berdasarkan penelitian, orang-orang sukses punya meja yang terorganisir walau tidak selalu bersih dan rapi. Untuk itu, coba bereskan barang-barang yang berserakan di meja. Jika bisa, bersihkan pula dekstop laptop atau komputer Anda dari file-file yang berantakan kemudian simpan di folder bila masih dibutuhkan.

"Punya dekstop dan meja yang rapi akan membuat kamu berpikir lebih jernih dan memprioritaskan lebih efektif. Itu juga akan membantumu menemukan dokumen secara cepat ketika dibutuhkan," kata penulis dan ahli karier Lynn Taylor kepada Business Insider. 

3. Mengulas Prestasi
Sebaiknya sempatkan waktu pula untuk melakukan kilas balik tentang apa yang sudah dikerjakan. Jika perlu tulis semua prestasi dan pencapaian yang telah dilakukan hari itu. Berdasarkan riset, cara tersebut bisa membuat Anda merasa sukses sehingga mendorong tingkat kebahagiaan. Analisa pula performa kerja Anda agar lebih baik keesokan harinya.

4. Tetap Fokus
Saat sore menjelang biasanya pikiran dan fisik sudah tak terlalu prima. Wajar jika Anda mulai kurang konsentrasi dan jadi menunda pekerjaan. Meski begitu, hindari hal tersebut dan tetaplah produktif agar bisa pulang kerja tepat waktu. Karenanya, hindari terlalu banyak membuang waktu atau makan asupan yang buat mengantuk.

5. Periksa Jadwal Besok
Sebelum pulang, coba lihat kembali jadwal dan pekerjaan untuk esok hari. Jangan sampai Anda melupakan sebuah meeting atau tugas penting. Cara ini juga akan memudahkan pekerjaan Anda agar tidak terlalu tergesa-gesa di pagi hari. 

6. Mengucapkan terima kasih atau berpamitan
Berpamitan dengan rekan dan atasan mungkin terdengar tidak terlalu penting. Namun hal tersebut baik untuk membangun hubungan dengan sesama anggota tim. "Itu bisa mengingatkan atasan dan timmu bahwa kamu adalah orang yang baik bukan hanya kolega," kata Taylor.

7. Langsung Pulang
Setelah pekerjaan benar-benar selesai sebaiknya langsung pulang saja. Hindari terlalu mengobrol, menjelajah internet atau hal lain yang sebenarnya bisa dilakukan di esok hari. Hal tersebut penting dilakukan agar Anda masih punya banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan punya waktu cukup untuk beristirahat.

Sumber

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar