Gaji Medical Representative


Selain mendapatkan gaji pokok, seorang Medical Representative juga mendapatkan tunjangan:
  • Daily allowance atau uang makan harian, baik untuk penugasan dalam kota maupun luar kota
  • Transportasi, bisa berupa sewa motor ataupun MOP (motor cycle ownership program) termasuk pembelian bensin untuk operasional kerja
  • Akomodasi dan transportasi bila melakukan perjalanan luar kota
  • Pulsa handphone
  • Parkir
  • Tunjangan make-up, blazer, hem, dan dasi
Tunjangan ini diberikan di awal bulan sebagai advance, dan dilaporkan penggunaannya di akhir bulan sebagai laporan expenses.


Disamping itu juga diberikan insentif sebagai penghargaan atas pencapaian sales yang diperhitungkan tiap bulan, triwulan, semester, dan tahunan. Besarnya bervariasi sesuai dengan prestasi yang ditorehkan. Insentif ini biasanya berupa uang dan di beberapa perusahaan tertentu bisa berupa incentive trip, yakni wisata ke luar negeri.

UNSUR PENGHASILAN
PMDN
PMA
Gaji pokok
Rp. 2.500.000
Rp.   3.300.000
Sewa motor
Rp.   400.000
Rp.      500.000
Kost
Rp.   350.000
Rp.      350.000
Makan/Parkir/Pulsa HP
Rp.   350.000
Rp.      550.000
Jumlah
Rp. 3.600.000
Rp.   4.700.000


Diangkat tetap (penambahan gaji)
Rp.   200.000
Rp.   300.000

Insentif /Bonus
Rp.    0   -  Rp. 5.000.000 (hingga unlimted)
TOTAL PMDN
Rp. 3.600.000 – Rp. 7.000.000
TOTAL PMA
RP. 4.700.000 – Rp. 7.600.000

Note : disesuaikan UMR DKI Jakarta. Mohon masukan dan perimbangan informasi yang ter up date dari teman-teman pembaca semua. Postur gaji tiap perusahaan tentu saja berbeda. Bisa lebih tinggi atau lebih rendah dari daftar di atas. Tolong bijaksana dalam menelaah informasi ini. Silakan klik tautan info gaji yang tertera di bawah

Klik ini: e-book Medical Representative , berisi ulasan lengkap mengenai dunia Medreps!

Untuk melihat data terbaru gaji Medical Representative, silakan klik di sini

Penulis : Moh. Bambang Pamungkas

DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

ATAU DALAM BENTUK DVD BERISI PULUHAN VIDEO DAN E-BOOK DI SINI.
readbud - get paid to read and rate articles

 Artikel yang perlu dibaca juga:

228 komentar:

  1. mmm suamiku dulu pernah jadi medrep juga loh (pmdn) tapi gajiny jauh lebih dari yang ada di daftar,maksud saya gaji pokok,belum ditambah tunjangan n insentif kalau sales masuk.itu yang buat pembanding perusahaan farmasi pmdn yang mana?

    BalasHapus
  2. @mbokefatih : terima kasih masukannya, yang ditampilkan di situ adalah average gaji, bisa jadi di tempat lain lebih tinggi dari pada yang dicantumkan seperti di tempat suami panjenengan,,,

    BalasHapus
  3. sy mia, br diterima kerja sbgi mr, yg sy mau tanya, knp ya gaji pokoknya itu kecil sekali. Dibawah jauh dr umr?tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini kaitannya dengan sistem imbalan (masuk ranah HRD, MSDM, dsb). sistem imbalan disusun sesuai pekerjaannya. untuk bidang penjualan, marketing, dan pekerjaan2 yang kuantitasnya mempengaruhi omzet perusahaan biasanya komponen upah tetap lebih kecil daripada upah variabel/insentif, agar sistem imbalan ini memotivasi karyawan bekerja lebih banyak.
      coba kalau gaji pokoknya 2 juta, tentu kurang termotivasi jual banyak.
      hehehe

      Hapus
    2. ya, betul sekali bro Misgi... terima kasih atas masukannya! semoga bisa menjawab pertanyaan mbak Mia. Namun agar lebih jelas, silakan ikuti link yang saya berikan dalam artikel tersebut mengenai gaji MR berdasarkan survey dari jobstreet

      Hapus
    3. haiii semua... kebetulan profesi aku sbg medrep nih di salah satu perusahaan farmasi BUMN di indonesia. Gaji pokok sesuai UMR trus insentif juga lumayan loh. bahkan lebih dr yg tertera di atas. nyesel kenapa ga dr dulu ngejalanin profesi ini. hehe...

      Hapus
    4. Siang mb retno...ada loker di medrefnya utk skrng, mohon info, trims utk area bdg,...🙏😊

      Hapus
  4. @Mia : semestinya gajinya sih sudah sesuai UMR mbak... kalau belum, mungkin karena masih masa percobaan, nanti setelah diangkat sebagai karyawan tetap, gajinya akan naik, silakan saja ditanyakan kepada HRD-nya. Tapi kalau memang kecil, cobalah mencar pandangan ke perusahaan yang lainnya. Good luck ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudku gaji pokok yg ditampilkan diatas 750rb-1,1jt itu knp dibawah umr?
      Apa memang segitu gajinya?
      Padahal umr untuk dikotaku plg, 1,2 untuk gaji pokoknya aja.

      Hapus
    2. terima kasih masukannya mbak Mia... itu data 2 tahun yang lalu, setahu saya dahulu ada perusahaan yang memberikan gaji di bawah UMR, namun memberikan sistem insentif yang besar... kalau kondisi terkini, saya belum melakukan survey, syuku2 mbak Mia bisa memberikan masukan data terbaru mengenai hal ini, sebab banyak yang menanyakan masalah gaji seperti ini...

      Hapus
  5. belom pendapatan kalo out country ya bos.jalan jalan sambil kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha... ya benar sekali, belum lagi dapat tambahan dari up country! tambahan pendapatan sampingan selain insentif....

      Hapus
  6. basic salarynya biasanya berlaku nasional, tidak disesuaikan dengan UMR tiap kota yang berbeda-beda. Ada juga di kota tertentu yang mendapatkan tunjangan kemahalan, misalnya apabila ditempatkan di kota Batam. Take home paynya akan lebih besar, karena masih mendapatkan tunjangan lainnya..

    BalasHapus
  7. klo sy dulu sewaktu jd medrep bergaji pokok hanya Rp. 1100000. uang makan + transport Rp 500000 (itusdh termasuk sewa parkir) + uang sewa motor Rp. 300000. insentif 2% dari total omset yang kita usahakan di bulan sebelumnya.
    sekarang saya kerja di bank danamon. dengan penghasilan tak terbatas.
    http://jasa.tokobagus.com/peluang-bisnis/pinjaman-kredit-bank/danamon-simpan-pinjam-dsp-cabang-cimanggis-11547686.html

    BalasHapus
  8. wow saya juga med rep tapi gmana strategi buat obat itu laku ya bang minta saranna

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang harus diingat bahwa, sebenarnya kita tidak menjual produk... konsumen membeli kita, penjualnya, setelah itu perusahaannya, kemudian baru produknya... semakin bagus kualitas diri kita dalam penampilan dan berkomunikasi, mampu memegang komitmen, berintegritas, dapat dipercaya... semakin besar kemungkinan konsumen memakai produk kita...

      Hapus
  9. sy kmrin br test di pt ph*r*s di cirebon

    jujur sy kecewa, krna pengujinya spti memanipulasi data ( titipan org dlm).

    dlm artian, Psikotest yg hrsnya ditentukan oleh bts wktu
    justru terbalik, wktu yg hrsnya 15 mnt, mlh ngaret smpe 1 jm/ smpe org tsbt selesai mengerjakan stiap testnya.....


    apa hal tersebut dpt di usut tuntas???
    agar memberi efek jera

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya yang rugi perusahaannya juga kalo begitu, mendapatkan kandidat karyawan yang tidak sesuai dengan hasil tes asli psikotes-nya... gak usah khawatir, masih banyak koq perusahaan farmasi lainnya di Indonesia. Cobalah cari PMA ! Good luck ya!

      Hapus
    2. Berarti anda beruntung.. Kalu diterima anda juga 99% akan resign haha3x

      Hapus
  10. . kak , saya reps baru ,, kalo kunjungan dokter pasti di cuekin,,,
    . minta solusinya donk kak,,
    thankz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin sering dicuekin, berarti semakin anda dikenal. Itu sinyal positif... Teruskan

      Hapus
    2. dicuekin mungkin karena tidak ada sesuatu yang istimewa dari kita, tidak ada perbedaan dengan yang lain. Lagian kan tidak semua dokter nyuekin seperti itu...woles aja lah.. sambil tetap berlatih menjadi spesial dan berbeda di mata dokter!

      Hapus
  11. coba lihat situasinya dulu, apakah saat itu dokter sedang sibuk beneran atau tidak? bagaimana moodnya? lagi baik atau tidak? bagaimana dengan lokasi detailingnya? cukup nyamankah untuk detailing atau sambil berjalan-jalan? setelah itu cobalah belajar berkomunikasi dengan baik, mulai dari bahasa tubuh, cara mengkomunikasikan produk, maupun intonasi suara. Jangan lupa untuk memperhatikan penampilan ya!

    BalasHapus
  12. masih perlu pencerahan,
    allhamdulillah br ketrima jd MR di k*l*e

    BalasHapus
    Balasan
    1. welcome to the world! keep fighting, cemungutz..cemungutz...

      Hapus
  13. Alhamdulillah saya baru saja ketrima di lap* ..
    Semoga lancar barokah ..

    BalasHapus
  14. mau share..klo sy dl pernah kerja jd Medical Representative 1 thn di perush farmasi bumn..gaji nya alhamdulillah lumayan umr di smrg 1,3 tapi blm tunjangan sewa motor, parkir, makan, kost, tunjangan daerah (krn di luar jkt), tunjangan lain2 total dipotong pajak sekitar 3jt an. belum insentif per semester, kesehatan inhealth gold..klo bisa daftar yg bumn.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima aksih sharingnya bro.. good luck and wish you all the best ya!

      Hapus
  15. Sy prnh psikotes di prusahaan farmasi tp smpe skrng tdk ada konfirmasi diterima atau tidak,mungkinkah sy tdk lulus tes,tp knp skrng saat sy dipanggil utk psikotes di perusahaan farmasi yg berbeda.sy sudah merasa down duluan pak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. merasa down itu wajar, karena ada trauma pengalaman negatif sebelumnya.. sebenarnya tujuan utama psikotest adalah untuk mengetahui minat (baca; passion tersembunyi) dari kandidat karyawan,,, sehingga apabila lolos dalam datahp ini, harapannya adalah sang karyawan merasa nyaman dengan posisi yang ditawarkan... sekarang yang terbaik yang dilakukan adalah mensyukuri "kegagalan" Anda melalui tahapan psikotes, karena bisa saja Anda telah diselamatkan atas sebuah tawaran posisi pekerjaan yang sebenarnya tidak cocok (baca: fit) dengan kepribadian dan minat Anda yang sesungguhnya.. coba bayangkan, apabila Anda diterima bekerja dalam posisi yang tidak sesuai dengan keinginan (baca: minat), yang ada hanya merasa dihantui beban dan tanggung jawab yang berat, tidak bersemangat, selalu mengeluh, akhirnya stres dan membuat emosi tidak stabil...

      yang perlu dilakukan adalah mencari ke dalam diri, sebenarnya apa sih minat saya sebenarnya... setelah itu, berpikirlah positif, tetap semangat, dan berharap hasil terbaik setelah ikhtiar yang optimal kepada Allah SWT...

      sukses selalu untuk Anda!

      Hapus
  16. saya seorang MedRep dari farmasi PMA,istri saya juga di farmasi PMDN,kalau di gabungin penghasilan saya dan istri ya alhamdulillah bisa hidup mewah, banyak ke untungan yg saya dari bekerja sebagai MedRep dari di bekali ilmu marketing,dasar2 ilmu kedokteran,jalan gratis , seorng MedRep adalah profesi pilihan bukan pelarian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip, betul sekali itu mas! makasih atas sharingnya. Sukses selalu ya!

      Hapus
  17. pak bambang, saya baru di terima sebagai MR, di K*l*b*, saya sangat bersykur sekali bisa di terima, oya pak, klo insetif nya biasanya setiap bulan diterima atau bagaimana pak. terimakasih artikel nya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat ya, welcome to the world! hmmm...kalau soal insentif, itu tergantung kebijakan perusahaan masing-masing mas. Biasanya per-bulan sih. Ada juga tambahan untuk pencapaian per-3 bulan dan per-6 bulan. Per-tahun juga ada. Untuk jelasnya, silakan tanyakan ke rekan kerja atau atasan saja agar lebih jelas. Sukses ya!

      Hapus
  18. Mantap sekali pak artikelny..
    Besok sya interview di mersifarma pakn.
    Kira2 bpk tau gak sistem recruitment nya dsana gmn?

    BalasHapus
  19. gimana mas hasil tesnya? maaf ya saya baru bisa balas. Hmm... sebenarnya siklus rekutmen di semua perusahaan hampir sama dan seragam ya.. psikotes, interview HRD dan atau user, tes kesehatan, training, on job training, probation time, dan pengangkatan menjadi karyawan tetap.. yang penting, di manapun kita bekerja saat ini, syukurilah! sambil menata hati dan meningkatkan kemampuan harga nilai jual kita semakin tinggi. Sukses ya mas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah pak saya sudah satu minggu bekerja di Mersifarma...
      cuma saya bener2 gak ada basic Farmasi saya masih bingung..
      disisilain saya juga pendiam jadi buat persentasi ke dokter masih belum bisa. heee

      Hapus
    2. syukur alhamdulillah mas Nanang, selamat ya! Gak apa-apa pendiam, kan bisa belajar agar bisa lebih komunikatif.. Diawali dengan belajar membuat pertanyaan-pertanyaan yang terbuka, kemudian merespon jawabannya, maka komunikasi dua arah bisa terjadi dengan baik. Selamat belajar ya!

      Hapus
  20. mas saya mw tnya,,seorg medrep tu pa slalu d tmpatkan ndk luar kota ato yg laenny,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. penempatan seorang Medreps biasanya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan masing-masing mas.. itu sebabnya syarat utama lain seseorang yang ingin menjadi Medreps adalah harus siap ditempatkan di area mana saja. Kalau memang kita sudah memiliki niat dan tekad kuat, ditempatkan di mana saja bukanlah menjadi masalah...

      Hapus
  21. Selamat malam Pak Bambang, saya mau tanya pak, saya sudah bekerja selama 2 tahun sebagai medrep saya ingin mencoba diperusahaan PMA tetapi lulusan saya masih SMA apakah bisa PMA itu menerima lulusan SMA dengan pengalaman 2 tahun? sedangkan umur saya masih 19Tahun dan sedang lanjut kuliah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepengetahuan saya, memang kebanyakan PMA mensyaratkan lulusan S1 atau minimal D3 sebagai Medrepsnya, Tapi dulu saya pernah menerima Medreps yang lulusan SMA, karena saya lihat pengalaman dan skillnya yang bagus, itu juga atas rekomendasi Medreps di tim saya. Cobalah dekati Medreps dari PMA, tanyakan apakah ada peluang untuk Anda untuk melamar, sekaligus minta bantuannya untuk merekomendasikannya. Semoga berhasil ya!

      Hapus
  22. Mas bambang saya mau nanya dong saya baru diterima di pt p****s tinggal ttd kontrak.. Tapi pas sya serching banyak bgt koment negative di pt tersebut.. Ijasah asli jg ditahan sbg syaratnya.. Kasih masukan dong mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ijazah tidak boleh ditahan sebagai jaminan agar karyawan tetap mau bergabung. hasil searchingnya sendiri mengatakan banyak komen negatif tentang perusahaan tersebut. Gimana mau tenang bekerja kalau begitu, iya tho? Perusahaan tersebut sepengetahuan saya melakukan psikotes yang lebih ketat dibandingkan perusahaan lain, sehingga kalau Anda diterima, maka sebenarnya Anda punya kualifikasi diterima bekerja di perusahaan lain. Jadi kalau Anda punya alternatif perusahaan lain, yang memberikan ketenangan dan kenyamanan dalam bekerja, silakan pilih yang lain itu. Tapi kalau Anda menginginkan memiliki pengalaman bekerja dahulu, sehingga nantinya memiliki keunggulan komparatif dibandingkan pesaing pencari kerja lainnya, ketika ingin pindah perusahaan, silakan bergabung.

      Hapus
  23. Saya diterima jadi medrep juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud mbak di pt pharos ya ?

      Hapus
    2. Maaf mbak saya juga baru diterima jadi medref dan besok sudah mulai kerja, saya mau nanya susah ga mbak jadi medref karna saya blom ada pengalaman jadi medref, tolong bantuan nya yah?

      Hapus
    3. dibilang susah ato nggak sih tergantung atas bayangan beban kerjanya dulu...klo bayanginnya yang mudah-mudah, ternyata berbeda dengan apa yang dibayangkan, ya akan kelihatan susah..

      menurut saya, silakan jalani saja dahulu, coba dinikmati dan disyukuri,,,karena ketika Anda diterima kerja,,,itu berarti ada orang lain yang ditolak bekerja di posisi yang sama...

      good luck ya!

      Hapus
  24. klo medrep di parazelsus gmn prospeknya?ini perusahaan distrbusi ya ?ga langsung perusahaan manufacturnya?

    BalasHapus
  25. Saya sudah 3 thn bekerja sebagai medrep di PT. A F.
    Alhamdulilah banyak sekali ilmu yg saya dapat dari pekerjaan ini..
    Mulai dari lobby dokter, mengenal karakter dokter, intonasi bicara, negosiasi, sampai membuat program kontrak dan *sogok meyogok.. hahaha
    Saya sangat enjoy dengan pekerjaan saya..
    Yg penting jadi medrep harus kreatif dalam loby2 dokter.
    Kerja di farmasi PMDN atau pun PMA sebenarnya tidak jauh berbeda pasti masing2 punya plus dan minus tersendiri..
    Tinggal yg penting niat kita bekerja dengan sungguh2 untuk kemajuan tim dan perusahaan dan tentunya diri kita sendiri.
    Dan yg membuat saya senang saya telah di promosikan naek jabatan. :D

    BalasHapus
  26. Malam mas Bambang, saya baru diterima menjadi medrep. saya belum punya pengalaman kerja dan masih awam di bidang ini. saya bingung kira2 saya sanggup kah menjalani profesi ini, soalnya saya sering ditanya "Mas siap gak dengan kerjaan ini ?". basic saya komputer dan saya tidak punya dasar dibidang kesehatan, untuk menggerti mengenai produknya yang tertera di brosur saja terkadang saya pusing sendiri. disamping itu saya juga termasuk anak yang jarang bergaul dan cenderung pendiam terhadap hal-hal yang di luar wawasan saya. mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore mas ZonaFB, maaf baru balas. Profesi ini memang sesuai dengan karakter dan personality yang berbeda dan unik. Tidak sembarang orang bisa menekuninya dan kemudian berhasil. Pekerjaan yang paling menyenangkan tentu saja adalah yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Apabila kita bekerja di tempat yang tidak kita minati dan tidak sesuai dengan kemampuan, tentu saja akan merugikan perusahaan dan kita sendiri. Sebenarnya Anda sudah tahu jawabannya, apakah Anda cocok atau tidak dengan posisi ini. Silakan ambil keputusan dengan berani dan bertanggungjawablah dengan keputusan yang Anda ambil tersebut. Kalau Anda merasa kepepet dan seakan -akan tidak ada pilihan pekerjaan lain, maka nikmati saja semampunya. Prisnsipnya sederhana, sepusing-pusingnya orang kerja, masih jauh lebih pusing orang yang tidak bekerja! Bukan begitu, mas?

      Hapus
  27. Saya bulan januari 2015 mulai bekerja jd med-rep di N*L*B Banjarmasin. Tapi anehnya saya tidak ada tahap psikotest. Mohon penjelasannya pak. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat ya mbak Irma atas keberhasilannya diterima bekerja! Semoga mbak Irma bisa menikmati peningkatan jenjang karir di perusahaan tersebut. Setiap perusahaan memiliki tahapan rekrutmen yang berbeda-beda, sehingga tidak masalah apabila Anda tidak melalui tahapan psikotest terlebih dahulu. psikotest dilakukan untuk mengenai minat dan kemampuan prospek calon karyawan, namun bisa saja ini ditiadakan mungkin karena pada saat tahap interview Anda sudah mampu menunjukkan kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Oke, sukses ya!

      Hapus
  28. assalamualaikum pak.
    saya mendapat undangan intervew tgl 29 Des 2014 di salah satu PT, Farmasi untuk menjadi MR. saya mau bertanya kira-kira kemungkinan saya di terima di pt tersebut brapa persen. karena sebelumnya saya sudah pernah menjadi pramuniaga, jadi kalau bertemu costumer secara langsung mungkin itu biasa.
    terus saya mohon berikan Tips-tips intervew kepada saya agar bisa di terima. karena saya sangat ingin bkerja di sana, dan sesuai dengan basic saya,
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam wr. wb...hmm,,tips2 interview sih silakan baca-baca di blog ini, insya Allah semuanya sudah ada. Selama Anda mampu menunjukkan diri yang qualified dengan posisi yang dibutuhkan, insya Allah Anda akan berhasil. Sukses ya mas!

      Hapus
  29. assalamungalaikum wr wb
    maaf pak bambang, apakah benar kerjanya medrep sogok menyogok seperti yg ada ada di komentar danielblogspot di atas ?
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerja sama antara perusahaan farmasi dengan dokter pernah ramai dibahas di media online maupun cetak,,,memang ada, tapi susah dibuktikan,,, karena penawaran lebih banyak daripada permintaan, sehingga persaingan yang terjadi teramat ketat, so hukum alam lah yang berbunyi jadinya... kalau di PMA, kebanyakan permainan seperti ini amat dilarang, mungkin ada yang bermain, tapi berdasarkan pengalaman saya bergabung di PMA,,hal ini sangat ketat diatur dalam etika pemasarannya...dulu kita ibaratkan, kaki dan tangan diikat kenceng2, tapi disuruh lomba balapan lari ama pesaing yang bebas berlari...

      Hapus
  30. Mas Moh.Pamungkas, saya mau tanya, PMA itu apa? dan PMDN itu apa? saya kan melamar jadi MR di PT.Lapi Laboratories....mohon beri gambaran akan jenjang karirnya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. stahu saya PMDN mas... kalo jenjang karirnya sih, di perusahaan farmasi hampir mirip semuanya,,,selama kita bisa memberikan kontribusi yang besar kepada perusahaan, insya Allah perusahaan akan melihatnya,,,kalo tidak melihat, perusahaan lain yang akan melihatnya... sukses ya mas!

      Hapus
    2. Pmdn : penanam modal dalam negri... Farmasi local kampeni
      Pma : penanam modal asing... Perusahan yg membuka bisnis di dalam negri.. Kebetulan saya adlah karyawan pma

      Hapus
    3. Semua perusahaan farmasi bergabung di organisasi GP Farmasi Indonesia, dgn alamat web di: http://gpfarmasi.org.temp.client.org .

      Untuk perusahaan PMA, silakan kunjungi di: http://www.ipmg-online.com

      Sukses ya!

      Hapus
    4. Mas, ada info loker ..di pma atau pmd .bdg.Trims

      Hapus
  31. mas bambang, pertanyaan simple, kalo di iklannya ditulis max 30 th, tapi saya sudah 32 th kira2 masih bisa masuk gak ya jadi MR ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Promosi ke AM, tapi ya menguasai area

      Hapus
    2. bisa saja mas,,,selama kita telah berpengalaman dan memiliki skill yang mumpuni.. betul juga kata mas Yupi,,bisa apply jadi AM...

      Hapus
  32. Dulu saya MR otto, sekarang saya di pt pfizer, alhamdulillah cukup buat bagaikan anak istri ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. PT. Pfizer yg di jalan raya bogor bukan pak ?

      Hapus
  33. Mas Bambang,sya mau tanya..sya sudah melamar kerja di salah 1 perusahaan farmasi dan sya sudah menjalani interview beserta psikotest..lalu tgl 23 feb bsok,sya diundang ke bandung utk mengikuti training slma 1 bulan..mnurut mas,kiat ap yang harus sya lakukan supaya sya dapat menjalani training dengan baik dan bisa diterima bekerja..karena sya dengar juga dsna ad teori kemudian ujian yg hampir stiap hari dilakukan..terima kasih sebelumny..

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum
    Pa Bambang tanggal 27 juli nanti saya di undang untuk menjalani masa training di salah satu perusahaan farmasi,tapi ada satu hal yang mengganjal di pikiran saya yaitu ijasah di tahan selama 3 tahun.
    Itu gimana yah pa,mohon penjelasanya.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam mas Dede, terima kasih atas kunjungannya. Berdasarkan peraturan pemerintah, menahan ijazah sebagai jaminan bekerja adalah tidak dibenarkan. Apabila hal itu dilakukan, berarti ada yang salah dengan perusahaan tersebut, sehingga perusahaan merasa perlu menahan ijazah. Menurut hemat saya, sebaikanya Anda pikirkan kembali secara masak-masak sebelum bergabung dengan perusahaan tersebut. Silakan baca artikel ini : http://intisari-online.com/read/seperti-apa-aturan-hukum-untuk-perusahaan-yang-menahan-ijazah-karyawannya sebagai bahan pertimbangan. Anyway, masih banyak koq perusahaan lain yang tidak mensyaratkan hal tersebut, so tetaplah berusaha mencari sampai Anda menemukan tempat yang cocok untuk berkarya dan berkarir. Sukses ya!

      Hapus
  35. Assalamualaikum
    Trma kasih skali atas postingan nya pak, sngat brmanfaat kbetulan saya sedang mnggu hasil psikotest d pt pharos, saya ingin brtnya apa tntgan terbsar mnjadi MR ? dn bgaimna kiat2 agar pnjualan kta mningkat dgn signifikan? Saya sngat trtarik skali dgn dunia MR krna passion saya adalah marketing

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam mas Arian Dani, alhamdulillah apabila dirasa ada manfaat dari blog ini. Menjawab pertanyaan mas Dani, setiap orang yang pernah dan sedang menjadi medreps tentunya memiliki jawaban yang berbeda-beda,,menurut saya pribadi, tantangan terbesar adalah bagaimana mencreate/menciptakan sales itu sendiri, dari situ muncul tantangan2 berikutnya, seperti bagaimana menjalin relationship yang baik kepada customer, baik itu dokter, perawat, apotek, bagian pembelian di suatu institusi, salesman distributor, dan rekan kerja kita, Kemudian tantangan penguasaan area coverage, penguasaan product knowledge, kemampuan presentasi/komunikasi, dan persaingan dengan kompetitor. Kalau itu bisa dikuasai dengan baik, dampaknya tentu pada sales yang bagus. Oke, selamat berjuang dan sukses selalu untuk Anda!

      Hapus
  36. alhamdulillah trimakasih pak artikel.a
    cwo saya baru di trima di landson. tgl 12 trining di bogor. mohon pencerahan nya pak untuk kunci suksesnya untuk menjalani trining ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katakan ke pada cwoknya mbak.. Di bawa santai saja.. Karna akan di beri pembekalan tentang obat yg akan dibawa dan cara borkomunikadi yg baik ke perepesi kesehata ( dokter. Perawat. Optekr).. Saya di farmasi juga dan di pma

      Hapus
  37. Mbak Evi, benar kata mas Bejo,,santai aja, tidak usah tegang atau nervous,,, tumbuhkan rasa ingin tahu yang besar dan keinginan kuat untuk maju,, mumpung masih training, jangan malu atau minder, jangan takut untuk salah, lebih baik salah pas training dari pada salah di lapangan, iya tho...dinikmati aja... Sukses selalu ya!

    BalasHapus
  38. mas bambang saya sudah di terima jadi medrep di perusahaan pt o***p**** tapi ijazah saya harus di tahan , nah saya mau tanya kalo soal gajinya itu UMK per daerah ga ? terus bisa nego penempatan ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya mas Redi atas diterimanya menjadi medreps. Untuk gaji, biasanya di atas UMR mas. Soal penempatan sih biasanya jarang bisa dinego. kalau belum berkeluarga, sebaiknya gak usah milih-milih, diterima saja dahulu, kalau sudah punya pengalaman minimal setahun, baru kita bisa berpikir bila ingin pindah penempatan atau bahkan pindah perusahaan. Selamat bekerja dan sukses selalu untuk Anda!

      Hapus
    2. Pak bambang saya mau tanya , saya dapet panggilan interview di Pt I**E***T . Nah saya tidak ada pengalaman sebagai MR . Tpi saya pingin kerja dengan sesuatu yg baru .meskipun saya lulusan smk (multimedia) . Apakah ada training bagi org awam seperti saya yg blm mengetahui ttg MR

      Hapus
    3. Training biasanya diberikan setelah seseorang tersebut diterima bekerja sebagai MR. Dulu di Jogja ada LPK yang melakukan pelatihan sekaligus penyaluran lulusannya untuk menjadi MR di perusahaan farmasi yang membutuhkan. Nampaknya saat ini sudah tidak eksis lagi.

      Hapus
  39. sy baru membuka usaha produk kesehatan, membutuhkan tenaga med rep, yg tertarik bs hub sy di 081280507915 - adi

    BalasHapus
  40. Lokasi dimana gan? Saya medrep sejati gan..

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum...
    Apakah sebagai MR itu kerjanya full time???
    Bagaimana dengan yang masih kuliah,sebagai mahasiswa kelas karyawan. Jadi hari sabtu kuliah. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam mas Hendri...Medrep adalah posisi kerja full time mas. Utk perusahaan farmasi asing (PMA), biasanya hari Sabtu libur. So, bisa dipergunakan untuk kuliah...

      Hapus
  42. Ini adalah artikel dengan ulasan yg cukup komprehensif. Kbetulan sy akan menjalani tes mr bsk di D*x*Grup, dan info dr blog ini sgt bermanfaat bg saya. Sblmny dan smpe skrg sy masi aktf bekerja dsalah satu bank bumn, krn Faktor x dan y saya mulai melirik menjadi seorang mr. Pertanyaanny, apakah seorg mr ad sistem jenjang karir?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya. Di dunia sales dan marketing, jenjang karirnya malah lebih luas dan cepat, selama kita mau berprestasi dan berkontribusi besar kepada perusahaannya. Untuk lebih lengkapnya, baca artikel lainnya: http://ayahsafa.blogspot.co.id/2011/08/jenjang-karir-seorang-medical.html

      Hapus
  43. Pak sya besok mau intrviu d PT.LAPI . dan sya blum tau skali tentang PT ini dan bidang medical representatifnya.bole bpak ksi tau yg bpak ke tauhui tentang medical representatif di pt lapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya mas Hendra atas panggilan interviewnya. Semoga sukses!

      untuk mengetahui lebih jelas tentang PT Lapi, silakan kunjungi web-nya di http://www.lapilaboratories.com/ . Mengenai Medreps, silakan baca artikel2 mengenai medreps di blog ini.

      Untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai medreps, silakan baca ebooknya, untuk mendapatkannya, lihat di http://ayahsafa.blogspot.com/2014/08/e-book-medical-representative.html

      Sukses selalu ya mas Hendra!

      Hapus
  44. Heheh betul mas , saya jg bgtu, kebetulan saya medreps d lundbeck (PMA)
    Baru 3 bln kerja uda k batam & singapore holiday, ini nsc kmrin d Bali hehehe
    Iya kdang sih teman" saya sepele gtu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa Take Home Pay d lundbeck skrg mas.?

      Hapus
    2. Ada info lowongn area kalsel ga?😀

      Hapus
  45. pak menurut bapak enakan jadi perawat atau deteler,dan gajinya banyakan mana pak, saya perawat tapi saya pengen sekali bekerja jadi deteler

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerja yang paling enak itu ya yang sesuai dengan minat dan bakat, dan yang tahu di mana minat dan bakat mas Ansor ya mas Ansor sendiri. Dari sisi penghasilan, tentu lebih besar menjadi Detailer daripada perawat.

      Sebagai detailer, kita dapat fix income dan insentive, plus benefit lainnya seperti tunjangan kesehatan, pelatihan, kendaraan, uang kos, dana pensiun, dll.

      Sebagai perawat, penghasilan dari gaji , tunjangan jabatan, dan uang lembur, BPJS, plus fasilitas kesehatan tentunya.

      Silakan dipikirkan baik-baik saja mas, kalau muslim, tentu saja lebih baik diputuskan dengan sholat istikhoroh terlebih dahulu..

      Hapus
    2. trima kasih pak masukannya, kalau boleh tanya lagi. bapak ada pengetahuaan tentang madrep di pt.promed apa tidak pak.kalu bisa untuk wilayah gresik

      Hapus
    3. syukurlah apabila dirasa ada manfaatnya. Maaf sekali untuk pertanyaan detail seperti di atas, saya tidak punya informasi yang bisa dibagikan.

      Semoga ada pengunjung lainnya bisa membantu menjawab pertanyaan Mas Ansor ini...

      Hapus
  46. gaji pokok metrep di perusahaan farmasi sekarang apa sudah UMR atau belum ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya sudah mas... kalau ada yang belum, monggo silakan laporan...

      Hapus
  47. Info dong.. Ada yg tau hari kerja di parazelsus sama prospeknya gak ya?

    BalasHapus
  48. Pak saya mau tanya, kalau kuliah jurusan farmasi apa peluangnya lebih besar untuk masuk ke perusahaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mbak Amelia Dina, baru bisa menjawab pertanyaannya. Yang jelas, Anda tentu punya poin lebih dibanding lainnya, dalam hal ini misalnya pada product knowledge, karena sudah punya basic di farmakologi. Tinggal ditambahkan kemampuan komunikasi dan rasa percaya dirinya. Insya Allah untuk posisi medreps, Anda punya kesempatan jauh lebih besar.

      Ke depannya, bila berkemauan keras belajar tentang marketing (tidak sekedar sales), bisa dipromosikan di posisi Product Manager.

      Sukses selalu ya , mbak Amelia!

      Hapus
  49. Saya baru di terima di salah satu Per.BUMN sbg MR,dan katanya sebelum di kontrak ijazah sya akan di tahan,,apakah harus?dan sya mnta saran,bgmn cara menolak utk tdk menahan ijazah saya...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. semestinya tidak boleh ada penahanan ijazah,,,kredibilitas perusahaannya diragukan kalau begitu,,silakan browsing tentang hal ini, telah banyak yang mengulasnya...

      Hapus
  50. selamat malam
    maaf mau tanya ..
    bsk saya ada panggilan dr pt mersifarma
    saya x rep otc dexa medica yg tanpa psikotes ..
    apakah jika hasil psikotes jelek .kemungkinan di terima ga ya ??
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. klu di dexa banyak2 pelajari hitungan dan menggambar. itu pengalaman saya psikotest di Dexa Medica lebih dari setahun yang lalu. dan nilai ku waktu itu 95.

      Hapus
    2. psikotes dilakukan untuk mengetahui minat dan kemampuan kandidat,,apabila memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan oleh HRD dan user, tentu saja potensi diterima akan lebih besar. Minat dan kemampuan ini besar loh peranannya di dalam karir, apapun profesinya, jangan sampai kemudian terlanjur direkrut, ternyata kandidatnya sebenarnya tidak berminat di posisi tersebut, jadinya malah tidak semangat dan bisa mempengaruhi karyawan lainnya...

      Hapus
  51. Mas menurut mas bagusan di lapi apa di mersifarma melihat dari semua sudut pandan.
    Kasih jawaban ya mas !!
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada teman-teman pembaca yang lain di sini bisa membantu mas Rana Surya? saya tidak banyak paham tentang kedua farmasi tersebut..

      Hapus
  52. mending di lapi. mersifarma blm familiar

    BalasHapus
  53. Permisi mas,saya gak ada basic ttg obat sama sekali.niii tapi saya suka dalam hal berkomunikasi dengan orang lain..saya juga minat niii.
    Mohon pencerahannyaa mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam dunia pemasaran, bukan produknya yang penting, tapi yang paling penting adalah bagaimana kita mempresentasikannya (baca: mengkomunikasikannya) kepada customer...

      Jangan khawatir bila tidak punya basic tentang obat,,lha wong nantinya ada training product knowledge koq...

      Hapus
  54. Sekedar share, saya 4th di dunia MR, ikut Pt. O***. Awal masuk, gapok hanya 900rb, tapi terus naik sejalan dg prestasi. Kalau org MR,biasanya mempermasalahkan gapok,krn yg dikejar adl insentif.itu kalau MR sejati. Jadi menurut saya,income akan mengikuti usaha dan kerja keras kita. Selamat bekerja kawan.

    BalasHapus
  55. Its my first time to join on this world[MR].
    Mohon doanya temen2 semoga sukses.. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, selamat ya Mr. IJ. Semoga sukses dan sejahtera! Good luck!

      Hapus
  56. Mas Bambang sy mau tanya,apa benar semenjak masuknya program BPJS ini menghancurkan penjualan medrep?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus sekali pertanyaannya... sejak jaman ASKES untuk beberapa medreps farmasi memang berat perjuangannya, apalagi kalau target produk ASKES dan non-ASKES dibedakan,,, sangat terasa sekali pengaruhnya...

      Hapus
  57. Jadi mas klw utk obat2an reguler atau non Askes utk skrg2 ini apakah masih ada harapan utk target..maaf ya mas sy masih ujian2 utk masuk medrep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak ada harapan, maka akan banyak tersiar di media massa perusahaan farmasi yang gulung tikar,, nah, pernah dengar kabar tersebutkah? Atau justru kabar bagus yang mengatakan bahwa sales revenue perusahaan farmasi justru meningkat tiap tahun?

      Pertanyaan berikutnya...berapa sih perusahaan farmasi yang produknya terpakai di ASKES atau BPJS? Berapa perbandingan contribution sharenya ke sales revenue total?

      Tergantung mind set koq mas,,, kayak orang ngliat gelas yang keisi air,,mo ngliat udah keisi separuh, atau masih ada separuh yang kosong?..

      Monggo silakan dipikirkan.

      Sukses selalu ya, mas Hendra!

      Hapus
  58. Klo jd medrep brp hari kerja ya mas.klo medrep yg daerah jakarta timur cipinang itu gajinya UMR ga ya? Mohon infonya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung perusahaannya mas Agung Denny, ada yang 5 hari kerja, tapi ada juga yang 6 hari kerja. Di Indonesia, insya Allah gaji Medreps sudah UMR semua mas..

      Sebagai medreps, mestinya yang dikejar adalah variable income, yakni incentive nya, yang bisa lebih tinggi daripada gajinya..

      Hapus
  59. Mas bambang mau tanya, gaji medical representative di otto pharmaceutical bandung berapa ya? Jenjang karirnya bagus gak? Mohon infonya ya. Thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. ya saya tidak tahu lah mas berapa persis gajinya.. mestinya minimal UMR, bahkan bisa lebih. Jenjang karir di dunia sales ya bagus laah,, selama kita berprestasi tentunya

      Hapus
  60. Saya baru diterima di MF sebagai spv. Tapi knp saya harus kerja juga ky sales jadi aneh..padahal ada anak buah ..hadeh .
    Info. Gaji 2.5 jt+ apaan lupa 600rb. Bensin 20rb/ hari parkir dirembes. Insentif 1.5 jt klo dibayangin itu sama aja kerja rodi. Masalahnya kerjaan saya sama aja nyeles2x juga. ... Mending jd selesnya dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya mbak atas prestasinya menjadi supervisor, banyak loh yang mengincar posisi tersebut, Anda beruntung mendapatkan kepercayaan tersebut. Disyukuri saja, dengan cara bekerja sebaik-baiknya... banyak loh orang Indonesia yang penghasilannya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang Anda dapatkan saat ini..

      Sekedar info saja, posisi sebagai Nasional Sales Manager pun masih harus dituntut turun ke lapangan sebagai sales, sebagai fungsi kontrol dan memastikan agar targetnya tercapai, jadi tenang saja, banyak temannya.. hehehe..

      Lagipula, sebagai supervisor, gaji yang diterima tentu lebih tinggi dibanding medrepsnya, dengan konsekuensi tugas dan tanggung jawab akan lebih besar...

      Sukses selalu ya, mbak Anisa!

      Hapus
  61. Pak Bambang mau tanya, skrg saya di PMDN. Plus minus kerja di PMA dan PMDN gmn ya? Pengen merasakan PMA😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama asyiknya koq mas, tapi bagi beberapa kalangan, kalau bisa kerja di PMA, gengsinya lebih tinggi, level kegantengannya naiklaaah.. hehehe..

      coba baca ini : http://ayahsafa.blogspot.co.id/2012/05/bekerja-di-perusahaan-farmasi-pma-atau.html

      Hapus
  62. Pak bambang, saya mau tanya. Kalau PT. Corsa Idustries itu jenjang karirnya bagus ga? Klo di bandingkan dengan perusahaan farmasi lainnya bagimana? Mohon infonya. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu persis kondisi setiap perusahaan, ada ratusan perusahaan farmasi di Indonesia ini. saran saya, bekerjalah dulu di perusahaan farmasi manapun yang menerima Anda, syukurilah dengan bekerja keras, tunjukkan kontribusi besar Anda. Jangan lupa untuk terus belajar, berlatih, dan mengasah kemampuan,, jadi sekiranya Anda ingin pindah, Anda sudah punya nilai jual yang tinggi. Sukses ya!

      Hapus
  63. Pak bambang kalau saya ingin menjadi medrep,saya harus kuliah jurusan apa ya? Maaf saya baru lulus tahun ini dan masih bingung ingin masuk jurusan apa. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Heni, biasanya perusahaan mensyaratkan jurusan eksak untuk proses rekrutmen, seeperti farmasi, biologi, dll. Meskipun tidak menutup jurusan lainnya. Yang penting sih punya kemauan kuat untuk belajar hal baru, percaya diri, dan pandai berkomunikasi.

      Hapus
  64. maas banmbang say mau nanya kalo pt. ikapharmindo putramas gimana menurut mas perusahaan tersebut, apakah produk nya familiar ? apa susah untuk di jual, soal nya saya baru dapet panggilan untuk pisikotes, yang saya harus lakukan saat pisikites apa aja ya mas, tolong kasih pencerahan nya mas, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk-produknya kan banyak mas Rizky, yang ethical (harus pakai resep) maupun OTC (dijual bebas). Silakan saja kunjungi web perusahaannya untuk mengenal lebih jauh. Mohon maaf sangat terlambat menjawab pertanyaannya, karena kesibukan di dunia nyata.

      O ya, bagaimana hasil psikotesnya? Semoga berhasil ya!

      Hapus
  65. Selamat siang pak bambang,
    Alhamdulillah saya baru saja keterinm di pt soho,.
    Tinggal tes kesehatan saja.

    Menurut bapak bagaimana pt ini apakah termasuk pma / pdmn.

    Apakah se apes2nya mr pernah tidak dapet incentif sama sekali ??
    Bagaimana rata2 insentif yg didapat mr menurut pengalaman bapak.

    Terima kasih sudah share pengetahuannya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya mas Napoleon Rosisca atas diterimanya menjadi Medreps di PT Soho.Semoga tes kesehatannya berhasil baik.

      Hmmm, setahu saya PT Soho termasuk PMDN, karena tidak tergabung di IPMG. Lebih jelasnya bisa Anda tanyakan kepada teman sejawat nantinya.

      Ya, bisa saja seorang medreps tidak mendapatkan insentif, karena tidak bisa memenuhi target. Kalau rata-rata pendapatan insentif sih mulai dari ratusan ribu, hingga jutaan per-bulan.

      Oke, selamat bekerja, dan sukses selalu ya!

      Hapus
  66. klo jd MR di pr phapros gimana ya? mohon infonya bagi yang tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo, mohon bantuan teman-teman yang lain. Silakan mbak Dwi Erika dibantu..

      Hapus
  67. Assalamualaikum pa. Saya mau tanya, untuk bekerja sebagai mr di pt in*e**at itu bagaimana ya? Saya masih butuh pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo, bagi yang tahu, mohon bantuan untuk menjawabnya. Saya tidak tahu persis kondisi setiap perusahaan farmasi. Terima kasih.

      Hapus
  68. Apasih bedanya PMA dan PMDN, Klo bernofarm itu PMA apa PMDN pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bernofarm setahu saya PMA mas Dika. Bedanya pada kepemilikannya, sehingga kebijakan dan sistem operasionalnya juga berbeda, termasuk di dalamnya sistem remunerasinya.

      Hapus
  69. saya ingin tanya pak apakah prospek MR di PT. OT** PH*** I** bagus pak, mohon informasi pengetahuan bapak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaannya. Saya tidak mengenal secara mendalam kondisi kerja setiap perusahaan farmasi. Yang saya tahu, di mana pun kita bekerja, syukurilah terlebih dahulu, kemudian tunjukkan kontribusi positif dan besar kepada perusahaan. buatlah perbedaan dibanding Medreps lainnya. Insya Allah, pendapatan dan karir sukses menati di depan, bila di perusahaan sekarang belum berkesempatan berkarir baik, akan ada perusahaan lain yang melirik, selama kita menunjukkan etos kerja positif, antusias, penuh semangat, dan selalu menambah pengetahuan dan keahlian.

      Sukses ya mas Rahman!

      Hapus
  70. Maaf pak mau tanya apakah bener kalau sebagai MR itu jam kerjanya ngga tentu bisa aja malam2 menunggu dokter setelah menangani px trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar. Menunggu pelayanan terhadap pasien selesai. Bisa pagi, siang, sore, atau malam..

      Hapus
  71. Selamat pagi Pak Bambang.
    Sblmnya saya ucapkan trmksh kpd Pak Bambang yg slma ini sudah byk berbagi informasi dan ilmunya. Smg kebaikan Bapak mjd amal sholeh yg berlipat ganda.
    Alhamdulillah saya sudah sampai tahapan MCU di PT Kalbe sbg MR.
    Saya mau tanya Pak Bambang, kalau di PT Kalbe itu trmsk PMDN atau PMA? Dan bagaimana yang harus saya lakukan jika saya nanti diterima agar karier/jabatan saya dapat naik sbg supervisor?

    BalasHapus
  72. Selamat pagi Pak Bambang.
    Sblmnya saya ucapkan trmksh kpd Pak Bambang yg slma ini sudah byk berbagi informasi dan ilmunya. Smg kebaikan Bapak mjd amal sholeh yg berlipat ganda.
    Alhamdulillah saya sudah sampai tahapan MCU di PT Kalbe sbg MR.
    Saya mau tanya Pak Bambang, kalau di PT Kalbe itu trmsk PMDN atau PMA? Dan bagaimana yang harus saya lakukan jika saya nanti diterima agar karier/jabatan saya dapat naik sbg supervisor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bila dirasakan artikel di blog ini bermanfaat. Aamiin, terima kasih untuk doanya.

      PT Kalbe Farma termasuk PMDN, namun sudah go internasional setahu saya. Silakan googling saja mengenai kiprah globalnya di luar negeri.

      Untuk karir, tentu saja kita harus memantaskan diri sesuai kapasitas yang dibutuhkan. Bila kapasitas kita sudah pantas mjd supervisor, maka jabatan tsb layak bagi kita nantinya, walau saat ini msh mjd Medreps. Berpikir dan bertindaklah setingkat di atas level kita. Amati pola pikir dan tindakan yg diambil atasan kita, insya Allah kita akan segera bisa menyusulnya.

      Oke, semoga lolos MCU nya. Tetap semangat dan sukses selalu!

      Hapus
  73. Pak Bambang,, saya besok ikut psikotes di pt.Ph*r*s .. mohon pencerahannya dong tentang perusahaan tersebut, soalnya saya browsing banyak komentar2 negatif ttg perusahaan tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, maaf saya terlambat membalas. Berarti hari ini sudah selesai psikotes ya mbak? Hmmm, saya tidak paham betul kondisi di dalam setiap perusahaan farmasi. Bagaimana pun kondisinya, setelah mbak diterima, disyukuri dulu dengan menerimanya apa adanya. Setelah dirasa mbak punya pengalaman, kemampuan, dan kelebihan, silakan apply ke perusahaan lain. Otomatis kemungkinan diterimanya jauh lebih besar dibanding yang belum berpengalaman. Semoga kesuksesan mengiringi perjalanan karir mbak Wulan. Aamiin.

      Hapus
  74. selamat siang sy ingin tnya perbedaan medical presentative dengan sales promotion officer farmasi itu apa y? soalny sy baru diterima sebgai spo itu enk gk y kerjanya dan ada gk y jenjang karirnya.karena perusahaan baru ada jabatan sbg spo terima ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan teman-teman lain yang bisa membantu menjawab pertanyaan Aa' Asep. Hemat saya, sebaiknya ditanyakan langsung kepada atasan mengenai hal-hal tersebut, agar bekerja bisa lebih nyaman dan bersemangat...

      Hapus
    2. *MR hanya detailing, remainding, n disscus with professional medice mengenai product yg ingin ditawarkan dan tanpa menjual langsung(end user product)

      *SPO menjalankan tugas selayaknya (SPG/SPB) yang menjual productnya secara langsung, mungkinkah itu ketika perusahaan itu sedang membuka boots di salah satu event ilmiah, at event pharmasy/kesehatan lainnya. Biasanya perusahaan farmasi menunjuk pihak ketiga(vendor) untuk merekrut SPO tersebut.

      (Selebih benar/tidaknya dapat dilihat saat anda joint)

      Salam Hangat.

      Hapus
    3. *MR hanya detailing, remainding, n disscus with professional medice mengenai product yg ingin ditawarkan dan tanpa menjual langsung(end user product)

      *SPO menjalankan tugas selayaknya (SPG/SPB) yang menjual productnya secara langsung, mungkinkah itu ketika perusahaan itu sedang membuka boots di salah satu event ilmiah, at event pharmasy/kesehatan lainnya. Biasanya perusahaan farmasi menunjuk pihak ketiga(vendor) untuk merekrut SPO tersebut.

      (Selebih benar/tidaknya dapat dilihat saat anda joint)

      Salam Hangat.

      Hapus
  75. Berapakah gaji di medtronic?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, jumlah pastinya saya tidak tahu pasti. Tapi semoga di atas UMR. Juga jangan dilihat gaji pokoknya saja, namun lihatlah juga tunjangan-tunjangan dan fasilitas yang diberikan. Semoga setara dengan unjuk kerja yang diberikan.

      Hapus
  76. Mohon infonya... klo krj di pt.sanb* sebagai medrep apakah bagus? Banyak yg blang berat krj sebagai medrep d sanb*

    BalasHapus
  77. Halo mr bambang, saya adalah orang komunikasi yang tertarik mencoba terjun ke dunia medrep. Yang ingin saya tanyakan adalah apa yang membuat anda tidak ingin berhenti menjadi medrep dan apa yang membuat anda ingin berhenti menjadi medrep. mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sekali baru bisa balas mas Afif. Pertanyaannya kayak diinterview kerja aja nih. Coba Anda baca artikel mengenai suka duka bekerja sebagai medreps, semoga di sana ada jawabannya. Sukses ya..

      Hapus
  78. assalamualaikum MR.bambang saya sangat memyukaintulisan di blog anda.. ysaya juga ditawarkan bekerja oleh seorang kawan bag medrep di pt.soho dan memang saya pernah memiliki pengalaman lebih dari 2 tahun di pers. farmasi nmun itu hny sbgai admin bkn medrep.. dan kawan saya ini bilang gaji medrep yg bisa d bawa pulang berkisar 4jt keatas itu diluar insentif. apakah benar mr.bambang bahwa gaji medrep walau tidak mencapai target bisa sampai segitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikummussalam mbak Yunita.
      Take home pay bisa saja mencapai angka 4 jutaan, untuk medreps yg sdh bekerja beberapa tahun. Itu mungkin termasuk berbagai tunjangan. Bisa saja tergantung perusahaan tempat bekerja. Mungkin teman2 lain ada yg mau berbagi brp gaji pokok (basic salary) utk medreps yg baru saja masuk. Silakan dishare di sini

      Hapus
  79. Assalamualaikum Pak Bambang, pak saya mau tnya mengenai PT. Kon***x. Kmren sy bru dftr lwt job fair, besok sy ikut tesnya. Kbtulan sy bukn org farmasi atau sejenisnya, setelah bc2 blog nya bpak, alhamdulillah sy jd faham ttg medreps. Semoga infonya trus membangun bgi pembaca. Bagi yg udh lolos/krja medreps info ya seleksinya sehabis psiko apalg, misal wawancara apa ada tes tentang obat2an yg dproduksi PT tsb. Trimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang mbak, saya ingin tanya. apakah mbak sekarang posisi sudah kerja di pt k*nimex sebagai MR?

      Hapus
  80. Assalamualaikum pak bambang, saya mau nanya pak, saya bentar lg ada training mr d bandung 3 minggu, apakah itu masih ada sistem gugur atau bagaimana pak? Saya denger2 jg klu jd mr itu hampir tiap hari plg malam bahkan dini hari, yg saya takutkan bisa2 saya jatuh sakit krn kena angin malam, mengingat saya orngnya gampang lelah. Apakah saya bisa melewati training ini dan bisa menjadi karyawan tetap? Makasih loh pak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mbak Suci. Bgmn kabarnya sekarang? Lama saya tidak menjenguk blog ini. Anyway, posisi medreps memang membutuhkan ketahanan fisik. Sekiranya sudah jadi medreps, baik-baik jaga kondisi badan, jangan lupa istirahat. Dinikmati saja. Semoga bisa enjoy dengan pekerjaan. Ke depannya, bila dilihat punya talenta lain,mungkin bisa pindah ke back office.

      Tetap semangat dan terus berjuang.

      Sukses selalu ya!

      Hapus
  81. mohon info dan penjelasanya,kebetulan saya perawat, ada teman perawat kerja di perusahaan untuk mesin kesehatan (HEMODIALISA) ex sinar ro*a utma, FRESNI*U S KI,BBRAU* dll apakah dia bisa dikatakan MR juga ya? dia emang basic perawat mesin hemodialisa, trus pindah ke perusahaan tsbt. dan apakah benar utk alat medik gaji yg ditawarkan lebih tinggi,, dan utk beban kerja dg basic perawat seperti itu apakah cuma menjelaskan atau jg ikut menjual?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada kesepakatan mengenai definisi medreps, tergantung sudut pandang dan pemahaman. Saya rasa teman Anda tersebut bisa digolongkan medreps sebagai product specialist alkes. Soal gaji, mungkin saja lebih besar, secara produk yang ditawarkan berharga mahal, sehingga profit ke perusahaan lebih tinggi..

      Hapus
  82. baru berencana mejalani sebagai MR
    kbtlan sudah psikotes dan kbtln di rekom sma slh satu tmn jga krna umur yg udah melampaui batas dan pendidikan hnya smk
    ibarat nya dulu ahli di bidang besi sekarang harus belajar mulai dari nol lagi
    mngkin bisa kasih masukan kunci utama sebagai MR??
    apa yg harus di tonjolkan agar konsumen mau pke produk kita.trm kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada kata terlambat untuk maju dan berkembang. Selama ada kemauan, insya Allah akan ada jalan kesuksesan yang terbentang luas. Milikilah semangat dan antusiasme untuk mau belajar hal baru. Kuncinya itu: antusias dan mau belajar.

      Skill apa yang ditonjolkan? Tentu saja keahlian komunikasi dan presentasi.

      Sukses selalu ya!

      Hapus
  83. Assalamualaikum Pak Bambang, untuk jenjang karir antara Administrasi (PMA) dengan Medrep (PMDN) lebih bagus mana ya menurut bapak? Mohon pencerahannya pak, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikummussalam mbak Mitha. Menurut saya lebih bagus di marketing sebagai Medreps mbak. karena pengalaman dan wawasan akan lebih terasah bila terjun langsung ke lapangan..

      Sukses selalu ya mbak Mitha

      Hapus
  84. Pak bambang, mau nanya pandangan bapak utk pt. Simex bagaimana ya? Apakah perusahaam tsb sama bagusnya dengan oto, sanbe, dll? Thanks pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di mana saja sebenarnya bagus nbak, yang penting kita enjoy di sana, jenjang karir dan kesejahteraannya jelas. kalau sudah berpengalaman dan terjun ke lapangan, wawasan akan terbuka, kesempatan terbuka, sehingga bisa melirik ke farmasi lainnya.

      Sukses ya!

      Hapus
  85. Selamat siang salam sejahtera, mau minta masukan kalau bekerja di PT akexa medika sebagai medrep bagaimana? Munking ada mas yabg pernah pengalaman disana sebagai refeensi saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana teman-teman, apakah ada yang bisa membantu teman kita ini? Saya sendiri tentu saja tidak paham kondisi masing-masing perusahaan farmasi di Indonesia yang jumlahnya bisa mencapai lebih dari 100 perusahaan..

      Hapus
  86. Pak bambang saya mau nanya,hari selasa kemaren saya baru interview di PT Surya dermato medical bagian MR setelah interview saya di suruhnya ngafal nama obat2 yg ada di brosur,trus hari jumat bsok disuruh datang lagi untuk interview.kalau boleh saya tau di PT itu apakah gaji pokoknya udh UMR??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya mas atasainterviewnya, semoga diterima bekerja. Untuk masalah gaji, artikel di sini belum saya update. Tapi mestinya saat ini posisi medreps sudah mendapatkan gaji sesuai UMR, bahkan take home paynya Insya Allah sudah melampaui UMR.

      Hapus
  87. Suami sy bekerja sbg Medrep d PT So**, total gaji minimal 6 jt/bulan. Bulan ini suami ingin pindah medrep Alkes (alat2 kesehatan), sy agak ragu krn Alkes lbh sulit dijual ketimbang obat. Khwtir pendapatan malah brkurang drpd sblumnya. 😅
    Mhon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah berapa tahun mbak suami bekerja sebagai medreps? Dalam komponen penghasilan, ada yang dimaksud dgn take home pay, yang di dalamnya terdapat berbagai komponen, termasuk basic salary (gaji pokok), tunjangan2, insentif,dan potongan2 termasuk pajak.

      Kalau ingin pindah kerja, pada saat interview kan bisa dilakukan negosiasi gaji dan tunjangan. Jadi kita bisa tahu prospek penghasilannya. Oke, tetap semangat dan semoga sukses selalu ya!

      Hapus
  88. Selamat malam pak Bambang, sy sdh dlm tahap mcu medrep di pt.ka*b*. Tapi kok masuknya ke pt.finusolprima ya?
    Apa memang medrep di ka*b* diarahin ke finusol?
    Mhn pencerahannya pak. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum mas Amin, mengenai hal tersebut, saya tidak punya infonya. Mungkin teman-teman lain di sini ada yang bisa bantu menjawab?

      Hapus
    2. Selamat malam Pak Bambang, saya Arip mau bertanya
      Besok insyaAllah saya mau ketemu sama super visor dr Pt c*pr*
      Hal apa sajakah yg perlu saya lakukan supaya saya dpt lanjut ketahap selanjutnya??
      Jika saya memiliki pengalaman bekerja diApotek selama 1 thn apakah dpt membantu saya dg pengalaman tersebut?
      Terimakasih Pak.

      Hapus
    3. Selamat ya mas atas panggilan interviewnya. Yang perlu disiapkan adalah success story selama brkerja di apotek. Problem apa yang pernah dialami dan bgmn mengatasinya. Selebihnya silakan baca tips interview dan contoh2 jawaban interview yang ada di blog ini juga. Good luck ya

      Hapus
  89. Selamat malam Pak.
    Saya mau tanya,saya kan disuruh mengikuti psikotes.
    Kira kira soal psikostesnya apa saja ya?? Apa kah sama kaya yg ada di youtube kayak gitu?
    Terimakasih Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi psikotes adalah untuk mengetahui minat dan kemampuan kandidat terhadap suatu fungsi kerja. Sehingga nantinya akan didapatkan orang yang tepat di posisi yang tepat. Jadi tidak ada istilah gagal atau lulus tes psikotes. Sekiranya dinyatakan tidak cocok, maka bersyukurlah karena Anda diselamatkan dari tugas dan beban kerja yg tdk sesuai dgn minat dan kemampuan Anda, drpd nantinya bila bekerja malah jadi tertekan, stress, atau malah depresi. Santai dan rileks saja menghadapi psikotes, apapun jenis tesnya. Sukses ya

      Hapus
  90. Terimakasih Pak pencerahannya

    BalasHapus
  91. Pak saya mau tanya..
    PT guardian pharmatama gaji medrep nya apa disesuaikan dengan UMK juga kah?

    BalasHapus
  92. Mohon maaf saya kurang begitu paham medical representative itu kerjanya seperti apa, dan tugas2 apa aja yang harus di lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah, apa yang Anda tanyakan, Insya Allah jawabannya ada di bloh ini. Silakan baca artikel lainnya. Sukses ya

      Hapus
  93. Total income MR untuk di PT SANBE FARMA 5JT-20JT tergantung divisi dan pencapaian sales.

    BalasHapus
  94. Pak bambang mau tanya untuk posisi Medreps jam kerjanya kira2 gmana yaa pak? Bisa ga sih disambi kuliah hari sabtu sama minggu? Trus kalo jadi Medreps diklinik laboratorium cito penawaran ke dokter diproduk apa? Atau temen2 yang lain ada pengalaman disitu mohon infonya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyaka perusahaanfarmasi menerapkan 5 hari kerja, sehingga sabtu dann ahad libur, jadi bisa digunakan untuk aktifitas lainnya. Klo penawaran ke klinik laboratorium, bisa menawarkan alkes dan produk lainnya. Semangat ya dan semoga sukses selalu

      Hapus
    2. Malam pak bambang,,,saya baru di terima di pt fahr*nh**t farmasi sebagai KAE tp saya bingung knp gaji pokoknya tidak UMR ya,,setengah dr UMR nya,,,kenapa gajinya kecil sekali ya

      Hapus
    3. Malam pak ,,saya mau menanyakan kenapa gaji di farmasi UMR sangat kecl ya,saya baru saja kerja di pt FFah*e*h** gajinya jauh dr UMR

      Hapus
  95. Semoga aku ditrima di MR dan bisa selalu target,aamiin dan jenjang karir juga lancar aamiin yra.
    Oiya pak untuk jenjang karir dibutuhkan berapa tahun ya kira2 ? Trimksh

    BalasHapus
  96. Mohon doanya pak dan teman teman semua

    BalasHapus