Mengenal apa itu Medical Representative

Kebanyakan orang belum mengetahui profesi yang satu ini. Padahal karena merekalah Dokter ataupun prescriber bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai obat, cara pengobatan, teknik pengobatan, maupun alat kesehatan yang bisa menunjang keahlian Dokter maupun prescriber. 
Medical Representative bisa didefinisikan sebagai duta perusahaan / seseorang yang dipercaya untuk mewakili perusahaan guna mempromosikan produk secara professional, kredibel, dan berintegritas. Istilah lainnya adalah Detailer, karena dalam melaksanakan tugasnya, seorang Medical Representative harus mampu menjelaskan seluk beluk produk yang ditawarkan secara detail kepada customernya.


Medical Representative atau Detailer ini dibutuhkan oleh perusahaan farmasi sebagai perpanjangan tangan agar produknya diketahui oleh Dokter atau prescriber. Produk yang ditawarkan adalah produk yang memerlukan resep agar bisa dikonsumsi oleh pasien. Biasanya produk tersebut memiliki tanda khusus, yakni Red Dot, yakni tanda lingkaran merah yang berarti tidak dijual bebas dan memerlukan resep Dokter.

Saat ini ada sekitar 199 perusahaan farmasi yang beroperasi di Indonesia. Apabila masing-masing perusahaan farmasi tersebut memiliki 200 tenaga Medical Representative, maka total jumlah Medical Representative yang ada adalah 39.800 orang. Jumlah ini sangat besar sekali! Dikarena turn-over di perusahaan farmasi tinggi, maka kebutuhan akan tenaga Medical Representative akan selalu tinggi, bahkan jumlahnya akan semakin meningkat seiring meningkatnya jumlah penduduk dan Dokter atau prescriber. Jadi peluang menjadi seorang Medical Representative sangat terbuka lebar! 

Syarat untuk memasukkan lamaran sebagai seorang Medical Representative sangatlah mudah, biasanya perusahaan farmasi hanya mensyaratkan hal-hal sebagai berikut: 

  • lulusan D3 atau S1 dari segala jurusan, namun jurusan eksak biasanya jauh lebih disukai (meskipun ada beberapa perusahaan dalam negeri yang mau menerima lulusan SMU) 
  • usia maksimal 27 tahun (untuk fresh graduate, dan maksimal 30 tahun untuk yang telah berpengalaman) 
  • mau ditempatkan di seluruh Indonesia 
  • memiliki SIM C , karena kendaraan operasionalnya adalah sepeda motor 
  • memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus, penuh semangat dan antusiasme tinggi 

Apabila Anda memenuhi kriteria tersebut, jangan ragu untuk melamar posisi tersebut! Untuk membekali Anda, silakan klik artikel Bagaimana Membuat Surat lamaran yang Baik dan artikel mengenai Tips Menghadapi Interview
Untuk melihat dan mendownload daftar perusahaan farmasi di Indonesia, silakan klik Daftar Perusahaan Farmasi Di Indonesia.

Klik ini: e-book Medical Representative , berisi ulasan lengkap mengenai dunia Medreps!

Penulis : Moh. Bambang Pamungkas

Artikel Terkait :

DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

ATAU DALAM BENTUK DVD BERISI PULUHAN VIDEO DAN E-BOOK DI SINI.

95 komentar:

  1. untuk PMA farmasi biasanya jg mensyaratkan adanya sertivikasi PEDFI bos.

    BalasHapus
  2. yup, bos benar... memang untuk PMA ada yang mensyaratkan telah mendapatkan sertifikat PEDFI. Tenkyu masukannya...

    BalasHapus
  3. mohon ijin gunakan infonya untuk blog saya (saya akan link ke sini)

    http://blogdokterandre.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Terima kasih banyak atas infonya, saya barusaja ditawari kerja sebagai medical representative dan saya sangat tertarik karena memang sudah lama saya ingin bekerja,
    Masalahnya salah satu persyaratannya adalah harus punya motor dan SIM C.
    Saya belum punya SIM dan masih takut untuk bawa motor ke jalan raya apalagi jalanan jakarta yg padat banget.
    Apakah masih bisa saya diterima kerja dibidang ini atau sudah ga ada harapan buat saya bisa diterima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Dini, terima kasih atas kunjungannya. Beruntung sekali ya mendapatkan tawaran kerja sebagai medreps, gak banyak loh yang ditawarkan seperti itu. Saran saya, kalau mbak Dini sudah mantap menerima tawaran tersebut, segeralah penuhi kualifikasi dan persyaratannya. Karena sebagai seorang medreps dibutuhkan mobilitas yang cepat, tentunya motorlah salah satu solusinya, maka segeralah buat SIM C, dan beranikan diri naik motor di jalanan Jakarta. Mungkin pada awalnya masih taku2, tapi selanjutnya akan terasa biasa saja. Mosok mau pakai ojek terus untuk detailing ke dokter2? Kan boros..lagian merepotkan juga tho? Itung-itung, dengan punya SIM C dan berani naik motor, kan ada keuntungan lebih yang sekarang dimiliki...

      Hapus
    2. Pak untuk medrep di medan terletak di mana yh

      Hapus
    3. Maaf, maksudnya bagaimana ya? Bisa diperjelas pertanyaannya?

      Hapus
  5. Saya sudah diterima di pt soho menjadi medref tapi jujur saya belom ada pengalaman di bidang itu dan besok sudah mulai kerja, mohon penjelasan nya pak?

    BalasHapus
  6. besok baru masuk untuk training kan? dinikmati saja masa perkenalannya ato anggap saja sebagai bulan madu...

    kalau enjoy, silakan lanjutkan..

    kalo gak enjoy, cari tahu dulu di mana nggak enjoynya... siapa tahu nggak enjoy karena kita kurang mau berlatih dan belajar... kan sayang,,, banyak loh yang pengen bekerja seperti Anda..

    BalasHapus
  7. JASA KONSULTAN PENDIDIKAN BIMBEL DAN MOTIVATION CHARACTER BUILDING
    Bersama BKB XPERT MULTITALENTA INDONESIA BOGOR
    FOKUS, TOTAL DAN GEMILANG
    Bimbel Plus Kharismatik dan Ternama di Bogor (Spesialis Privat)
    Melayani Jasa layanan Tambahan :
    1. Pendampingan Siswa Berprestasi dalam Kompetisi Olimpiade MIPA SD-SMP-SMA
    2. Program Privat Matematika On Line Jarak Jauh (Pelajar dan Mahasiswa)
    Media Komunikaasi Pembelajaran : Facebook, What’s App, Email, Blog, BBM, Twitter.
    3. Inhouse Training Pembekalan Manajemen Outlet Singkat :
    (Manajemen Praktis dan Aneka Tips Jitu Buka Usaha Franchise Bimbel Plus Rumahan)
    Harga Paket Starter Kit Bisnis Hanya Rp. 300.000,- (Bebas Ongkir Wilayah Jabotabek)
    4. Pembuatan Soal-Soal Ulangan harian, Try Out Ujian Semester, Soal Ujian Nasional dan Soal SBMPTN beserta Soal Kisi-Kisi/ Prediksi Plus Soal
    5. Pendidikan Pembangunan Karakter Anak (Motivation Building) Paket Outbound Training Pengurus Organisasi RT/RW, OSIS Sekolah, Organisasi Kemasyarakatan, Perkantoran dan Instansi Pemerintahan. (Bersama Tim Independen Golden Training)
    6. Sales Modul Mata pelajaran Lengkap SD, SMP, SMA.
    7. Sales CD Multimedia Zenius Learning (Semua Mapel Lengkap Per Jenjang kelas)
    Solusi Bijak Investasi dan Berprestasi (Tunggu Apa lagi Daftarkan Sekarang Juga)
    Kami hanya melayani Pelanggan yang serius dan berminat.
    HUBUNGI SEGERA : IBU YENI SURYANI (Head of Academic and Finance)
    HOT LINE NEWS : HP. 08561321290/HP. 087874078105/HP.081293737515
    email : xpertbogor@gmail.com, wisnuxpert@yahoo.com
    Kunjungi segera : www.bkbxpertbogor.blogspot.com

    BalasHapus
  8. selamat pagi min, saya di tawarkan kerja sebagai medreps. dan besok saya mendapat panggilan. katanya sih akan ada psikotes dulu. hmm jdi apakah anda tau psikotes seperti apa yang akan mereka berikan? terimaksih min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. met malam, menjelang tahun baru mas! psikotesnya sih standar saja mas,,,gunanya untuk mengetahui minat dan kemampuan kandidat, kalau sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, ya akan diterima. Kalau minat dan kemampuannya tidak cocok, ya tidak lolos. Itulah gunanya psikotes,,, sebagai penyelamat bagi kandidat agar tidak terjebak dalam sebuah profesi yang tidak sesuai dengan minat dan kemampuannya. Tetap berjuang, tetap semangat, dan sukses ya!

      Hapus
  9. mas saya panggilan di PT.PHAROS. udah 2x panggian tapi saya ngk hadir....ini yang ke 3x nya...niatnya besok mau datang..bagaimana ya mas prospek PT tsb kalaw mnurut spengetahuan mas..dan apa ya produknya...bngung soaanyamsh perdana ane mas...makasih sbelumnya atas saranya mas...mohon pencerahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh maaf sekali baru sempat balas... sebenarnya di mana saja kita bekerja, hasilnya akan baik selama kita bisa berkontribusi yang baik pula,,yang jelek itu kalau perusahaan tidak menghargai kontribusi kita dengan sepadan,,,PT Pharos seingat saya yang paling berkesan adalah psikotesnya, bisa seharian kata teman-teman dahulu yang pernah ikut tes. Kalau sudah diterima, bekerjalah dengan penuh rasa syukur, berikan kontribusi positif kepada perusahaan, sambil tetap belajar dan berlatih, serta menambah network, sehingga apabila dirasa ingin mengembangkan diri lagi bisa melamar ke perusahaan lain, akan lebih mudah. Saran saya, bekerjalah minimal 1 tahun, agar pengalaman tersebut bisa memiliki nilai jual.

      Hapus
  10. Malem mas bambang. Kalau medreps vaksin apakah sma dgn obat biasa? Pangsa pasarnya gmna, atau apakah banyak pesaingnya? Mksh mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada prinsipnya sama mas,,pangsa pasarnya juga besar,,sementara pemainnya tidak sebanyak obat biasa...so, jangan khawatir, tetap berjuang dan berusaha,,insya Allah akan sukses!

      Hapus
  11. Pa saya mw nannya apa bedanya mesical sama depres

    BalasHapus
    Balasan
    1. depres itu apa pak? maaf saya belum paham definisi depres itu apa..

      Hapus
  12. Waaah saya minta izin ya pak untuk mengambil info dari blog bapak untuk saya share di blog saya. Kebetulan saya juga bagian dari recruitment Eisai Indonesia. Mau menambah info tentang reps yang akan saya recruit nantinya :)
    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo silakan mbak Nourmalita, senang sekali rasanya kalau blog ini bermanfaat. Sukses ya!

      Hapus
  13. Saya bekerja di PT OTSUKA INDONESIA, dan menjadi medrep menurut saya adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan, apalagi di kalangan muda. Tantangan sbg pemicu motivasi agar tidak merasa takut dgn hal apapun dan mencoba mencari celah agar bs mencapai apa yang kita harapkan. So? Utk kalangan muda! COCOK banget! Semangat masih banyak, energi sangat cukup dan so pasti ini lebih menantang kawan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skrg masih di otsuka mbk? Gimana salary di otsuka?

      Hapus
  14. Hallo, sy bergabung dgn perusahaan anti aging dr america dan ada jurnal ilmiah international, bahkan masuk di liputan discovery channel...

    Kami sdg membagun jalur2 distribusi diseluruh indonesia. Kantor kami di gayot subroto jakarta.konsep perushaan kami adl franchise

    Jika ada yg berminat bergabung dgn perushaan kami, contact me di 081319092819

    BalasHapus
  15. Blognya sangat bermanfaat... besok saya ada panggilan interviw... mohon doanya yah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah bila dirasakan bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya. Bagaimana interviewnya> Bisa dishare di sini koq ceritanya.. Selamat ya, semoga diterima. Aamiin

      Hapus
  16. Mas Bambang, saya dapet sms dr PT.OTTO PHARMACEUTICAL di Bandar Lampung utk interview. Saya ini lulusan dr akuntansi mas, menurut mas apakah bisa dr jurusan ekonomi terjun ke bidang farmasi (medrep). Saya sama sekali buta tentang medrep mas, saya ga tau apa-apa ttg medrep, mohon pencerahannya ya mas..Trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa2 mas, dari jurusan apa saja boleh sebenarnya, asal kita mau belajar hal baru dan tidak berhenti untuk mengembangkan diri. tekuni betul setiap pekerjaan kita, insya Allah hasilnya akan baik. Sukses ya!

      Hapus
  17. Saya baru aja dapet email dari pt dipa healtcare untuk tes psikotes tapi masih ragu dateng apa ngga soalnya saya dari bandung dan tes dijakarta saya takut kalo saya dateng dan hasilnya ga memuaskan saya takut ngecewain orangtua saya.

    BalasHapus
  18. Saya baru aja dapet email dari pt dipa healtcare untuk tes psikotes tapi masih ragu dateng apa ngga soalnya saya dari bandung dan tes dijakarta saya takut kalo saya dateng dan hasilnya ga memuaskan saya takut ngecewain orangtua saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat ya mbak sudah dapat panggilan tes. Hmm...yg dimaksud hasil tidak memuaskan itu seperti apa sih? Banyak loh pelamar yang tidak berkesempatan bagus diundang untuk mengikuti psikotes...Sayang kalau dilewatkan...kalau ikut psikotes, paling tidak kita sudah berusaha. Kalau tidak ikut, sudah pasti tahu kan hasilnya bagaimana?

      Hapus
  19. Selamat sore bapak,,, hari kamis saya akan melakukan walk interview di PT Phapros semarang,,,, karena tadi saya habis job fair dan diperkenankan hadir di hari kamis untuk posisi medrep,,,, yg ingin saya tanyakan untuk salaray nya berkisar berapa ya pak? Mengingat saya lulusan s1 hukum dan pastinya saya buta akan farmasi terimakasih salam🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salarynya biasanya di atas UMR, plus tambahan tunjangan-tunjangan lainnya. jadi take home paynya lumayan besar laah... yang penting semangat dan penuh antusias untuk mau belajar hal baru, insya Allah sukses di dalam karir dan penghasilan. Good luck ya!

      Hapus
  20. Saya sdh interview di phapros dan sdh lewat 1minggu lbh...sy nunggu kbr psikotes smpe skrg blm ada panggilan lg yaa...apa ini yg dinmakan gagal??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Mohammad Sobah,,,yang tahu pasti tentunya pihak Phapros. Sekiranya kemarin punya kontaknya, tentunya bisa ditanyakan langsung. Karena belum pasti, yang sabar dan berdo'a saja mas, semoga diberikan hasil yang terbaik. Psikotes berfungsi untuk mengetahui cocok tidakkah seorang kandidat di posisi yang ditawarkan. jangan sampai nantinya diterima, eh...malah kandidatnya jadi tertekan dan stress karena pekerjaannya yang tidak cocok dgn minatnya. Kerugian ada di pihak kandidat dan juga perusahaan tentunya..

      Tetap semangat ya mas!

      Hapus
  21. Maaf mas, mbak. Mau bertanya dong. Ujian PEDFI ini infonya biasanya didapat darimana ya? Dan ujiannya dimana? Terima kasih 😊

    BalasHapus
  22. Sore mas, kemarin saya baru saja tes psikotes dan wawancara di kalbe vision sebagai medrep atau detailer.sebenarnya apa itu medrep dan tugasnya apa?saya dengar dari teman harus kuat imannya? Apa pekerjaan ini mengandung sedikit rezeki yang tidak halal mohon penjeleasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas Yasin baru balas... untuk mengetahui apa itu medreps dan tugasnya, bisa dibaca di blog ini, artikelnya insya Allah komplit koq. Atau kalau nggak, baca saja ebooknya, informasinya jauh lebih lengkap.

      Saya tidak tahu persis apa maksud teman mas tersebut mengenai iman harus kuat. Coba tanyakan lagi kepada yang bersangkutan agar lebih jelas. Atau adakah teman pembaca lainnya bisa membantu?

      Hapus
  23. assalamualaikum
    terimanakasih artikelnya sangat bermanfaat.
    pak saya mau tanya apkah jadi madreb itu bner bener harus standbay 24 jam.apakah bnyak dokter yang bisa ketemu tengah malem.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam warohmatulloohi wabarokaatuh.

      Ya tidak stand by 24 jam, jam kerjanya saja yang berbeda, sesuai dengan jam praktek dokter. jadi ada yang bisa ditemui pagi hingga siang, biasanya di RS. Kalau di tempat praktek pribadi, biasanya malam...

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Pengalaman saya bekerja sebagai medrep Sangat mengesankan sekali.
    Sebelumnya saya bekerja sebagai sales/marketing alat2 kesehatan.
    Berdasarkan pengalaman tersebut akhirnya saya ditawarkan untuk bergabung di salah satu perusahaan farmasi asal amerika.
    Alhamdulillah tahun pertama saya bekerja produktifitas saya cukup bagus, sehingga saya mendapatkan reward jalan2 ke negeri sakura & bertemu dengan teman2 medrep dari Singapore, malaysia, taiwan & Philippine.
    Tahun kedua saya kembali mendapatkan reward jalan2 kembali ke luar negeri & berkesempatan bertemu dengan teman2 dari 55 negara. Bukan hanya itu, bahkan saya bisa mengajak adik saya yg sebelumnya belum pernah merasakan naik pesawat untuk menemani saya, karena utk reward di tahun kedua kami boleh membawa partner.

    Saya merasa pekerjaan sebagai medrep sangat istimewa. Selain reward dan insentif yang cukup lumayan, dari segi ilmu dan pengalaman yg didapat juga sangat luar biasa.
    Saya yg background pendidikannya adalah ilmu sosial, bahkan bisa mempelajari ilmu2 kedokteran dan kefarmasian.

    Jadi menurut saya jika ada teman2 yg mendapatkan penawaran atau kesempatan bekerja sebagai medrep, segera manfaatkan peluang tersebut

    BalasHapus
  26. Malam mas bambang, saya alfan, saya baru saja dpt panggilan interview dan psikotes sbg medrep di PT APL. Jujur saya minat sekali menjadi medrep memang basic saya hanya marketing.
    Mau share saja kira2 kalo masuk APL sulit ga? Karena sy nunggu 2 mggu lg panggilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mas Alfan.... saya sendiri tidak tahu persis tahapan tes masuk di APL, dan sejauh mana kesulitannya... tetap optimis, semangat, dan jangan lupa berdo'a mas, semoga Allah SWT mengabulkan permohonan mas Alfan..

      Sukses ya mas!

      Hapus
  27. Mas saya kan baru lulus smf. Saya tertarik ingin menjadi medrep jika sudah lulus s1 farmasi, tahapan pertama untuk menjadi medrep dimulai dari melamar itu bagaimana saja? Bisa ceritakan awal mulanya dari melamar gak mas. Trims sebelumnya. (perjalanan seorang medrep)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamay ya mas Sandi Ruswandi atas kelulusan SMF nya!

      Untuk menjadi seorang medreps, tentu saja Anda harus membuat dan mengirimkan surat lamaran terlebih dahulu. Bila secara seleksi administrasi memenuhi, akan dipanggil untuk mengikuti tes tahap berikutnya, yakni psikotest, tes kesehatan, dan wawancara/interview.

      (Silakan baca artikel2 mengenai cara membuat surat lamaran, resume, dan tips interview di blog ini juga)

      Setelah dinyatakan diterima, akan diikutkan training terlebih dahulu, dengan materi utama product knowledge dan selling skill, setelah itu dilanjutkan on job training dan masa percobaan (probation time). Bila berprestasi bagus, selanjutnya akan diangkat sebagai karyawan tetap.

      Nah begitu kira-kira alurnya. Semoga bermanfaat. Sukses ya!

      Hapus
  28. Selamat siang,mas tolong beritahu saya konsep kerja MRF yg baik,karena saya baru saja diterima kerja sebagai MRF..
    TERIMAKASIH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang juga mas Ibnu. Di dalam blog ini ada beberapa artikel yang menjelaskan apa yang mas Ibnu tanyakan,silakan dibaca satu persatu. Selamat bekerja ya mas Ibnu. dan semoga sukses selalu!

      Hapus
  29. selamat sore mas, berkesan sekali artikelnya, khususnya buat saya yang tertarik juga dengan dunia medical representatif, oiya ada yang ingin saya tanyakan, selain rumah sakit ada kah kunjungan lain nya? misalnya perusahaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya mbak Farida. Yang dikunjungi oleh medical representative terutama adalah dokter. Sehingga dimana tempat prakteknya, di situ kita kunjungi. Bisa di RS, klinik, apotek dan tempat praktek pribadi. Kalau perusahaan, biasanya yang memiliki klinik pengobatan bagi karyawannya. Bisa juga kita mengunjungi distributor dan sub distributor, untuk memantau distribusi produk kita.

      Hapus
    2. Assallammualaikum Pak.
      Saya baru bergabung dengan kerja ini.
      Jadi saya belum kenal dengan istilah istilah yang di pakai sebagai Med Rep.
      Thanks.

      Hapus
    3. Wa'alaikummussalam mas Franklin. Selamat bergabung ya di dunia farmasi. Tidak mengapa bila kita belum paham istilah yang sering digunakan di dunia mereps. yang penting kita jangan malu untuk bertanya kepada teman yang lebih dulu paham. Selamat belajar dan berlatih Sukses ya!

      Hapus
  30. Assalamualaikum pak, saya lulusan s1 manajemen dan baru saja lolos di pt.konimex tetapi di tempatkan posisi medrep. tp saya masih buta ilmu farmasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikummussalam mas Reza. Bagaimana kondisi sekarang mas? Tetap semangat dan bersyukur sudah bekerja ya. Jangan lupa untuk sellau mau belajar dan berlatih.

      Sukses sellau ya!

      Hapus
  31. Assalamualaikum,
    mohon maaf pa, saya sudah diterima dan seleksi lanjut adalah traning selama 3 bulan, yang mau saya tanyakan apakah selama traning di beri gajih, sedangkan saya lulusan SMA dan saya alhamdulillah mendapatkan gajih 3.200.000. Lalu gajih tersebut di erikan selama traning 3 bulan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikummussalam mas Taofiq. Bagaimana kabarnya sekarang? Walau training, digaji juga kan? Kabari perkembangannya ya!

      Oke, selalu sukses ya!

      Hapus
  32. Assalamualaikum,saya ingin menanyakan bagaimana model pemasaran obat infus ya? siapa pangsa pasarannya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikummussalam. Pertanyaan ini saya belum punya jawaban mas. Maaf ya. Mungkin teman pembaca lain ada yang bisa bantu?

      Hapus
  33. Asslamualaikum pak ...kalo seandainya bpk disuruh memilih antara kalbe farma dengan otuska divisi cairan...anda pilih mana? Saya butuh saran dan masukan mengingat sekarang era bpjs... terima kasih atas perhatian bpk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikummussalam. Wah, pilihan sulit mas. Dan saya tidak begitu pham dengan 2 perusahaan tersebut. Mungkin teman pembaca lain ada yang bisa bantu menjawab?

      Hapus
    2. Kalau saya sih memilih otsuka. Karena otsuka itu PMA biasanya untuk tunjangan dan kesejahteraannya lebih terjamin. Dari segi gaji juga PMA jauh lebih diatas kalbe

      Hapus
  34. Terima kasih mas bambang atas blognya. Moga bisa menjadikan tambahan wawasan tentang medrep buat saya dan pembaca lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah bila dirasakan bermanfaat blognya. Terima kasih atas kunjungannya. Tetap semangat dan semoga sukses selalu ya

      Hapus
  35. Ingin memberikan informasi di blog ini saya bekerja untuk PT. Kalbe Farma, Tbk di Jakarta Pusat. dan perusahaan sedang membutuhkan karyawan untuk jabatan Medrep. semoga saja ada rekan-rekan yang berminat untuk melamar. kami membutuhkan 5 orang. yang sudah berpengalaman minimal 1 tahun di bidang tsb. untuk di tempatkan di area jabodetabek jika ada yg berminat mohon hubungi tlep 021-4504935 (jam Kerja 08.00 sd 15.00) lewat dari jam tsb tidak bisa dihubungi. terima kasih

    BalasHapus
  36. Wah Terimakasih infonya bapak..
    Sekalian saya mau nanya nih saya dapat panggilan di kalbe farma untuk posisi medpres tp saya belum tau jalanan kota jakarta gimana solusinya ya pak soalnya saya pendatang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya mas atas panggilannya. Nggak apa2 belum hapal jalan, seiring berjalannya waktu dan semakin sering di jalan, insya Allah akan hapal juga. lagipula saat ini kan udah ada google maps, nggak saya jaman dulu, kemana-mana bawa peta segedhe gaban...

      Sukses ya mas!

      Hapus
  37. Assalamualaikum, selamat pagi
    Saya Rara mahasiswa S2 ITB yg skrg menginjak semester 3 kuliah. Saya kemarin mendapatkan panggilan untuk interview sebagai Medrep PT Bifarma Adiluhung (Kalbe Grup) dan penempatannya katanya di Jakarta Raya. Saya dihadapkan kepada dua pilihan yakni mengambil pekerjaan atau tetap lanjut kuliah hingga lulus, namun orang tua saya sudah tidak memiliki cukup uang untuk menyekolahkan saya.
    Ibu saya habis kecelakaan dan tendon kaki dekat tumit beliau putus dan memerlukan operasi secepatnya sebelum tidak bisa disambung sama sekali dan tentunya memerlukan sejumlah uang.
    Saya mohon saran-saran teman2 blogger sekalian sebaiknya saya harus bagaimana? Saya ingin sekali segera pulang atau setidaknya memberikan uang agar ibu saya bisa operasi namun kuliah saya kurang 1 tahun lagi rampung.
    Saya ingin sekali menyudahi kuliah ini karena saya merasa orang tua lebih utama dari apapun, namun ketika saya cerita ke banyak orang, orang-orang menyayangkan pilihan saya karena saya harus berhenti kuliah.
    Mohon saran dari teman2 sekalian sebaiknya saya harus gimana?
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam warahmatullaahi wabarakaatuh mbak Rara. Saya ucapkan turut bersedih atas kecelakaan yang menimpa ibu Anda. Semoga beliau segera diberikan kesembuhan. Problem yang disampaikan pilihannya berat. tapi coba pikirkan baik-baik, apa keinginan ibu Anda saat ini? Segera melihat anaknya lulus kuliah atau malah berhenti kuliah? Bicarakan baik-baik dengan orang tua. Semoga Allah subhanahu wata'ala memberikan kemudahan dalam masalh ini. Tetap semangat dan semoga berhasil. Sukses ya!

      Hapus
  38. Assalamualaikum. terimakasih informasinya sangat bermanfaat. saat ini saya sudah diinterview dan akan melakukan psikotest di Quantum Labs (PT Natura) sebagai medrep. namun saat ini sy sedang kuliah smstr 3 di sulawesi. apakah bisa jika sy diterima kerja, sy sambil kuliah. lagipula harus training dlu 4 bulan di jakarta. saya masih bingung. mohon masukannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikummussalam mas. Profesi ini membutuhkan perhatian besar, saya khawatir apabila disambi kuliah, maka keduanya justru akan tidak optimal hasilnya. jadi silakan pilih salah satu mas yang paling sesuai dengan kata hatinya...

      Hapus
  39. Assalamualaikum pak..
    Saya mau minta masukan dan saran kepada teman-teman semua, saya kan sudah diterima di salah satu perusahaan farmasi sebagai medrep dan senin sudah mulai kerja, disisi yang lain saya juga diterima menjadi kepala toko di perusahan retail terbesar di indonesia, disini saya mau minta masukan, ambil posisi merep atau kepala toko?
    Saya seorang fresh graduates..
    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam warahmatullaahi wabarakaatuh. Maaf baru balas. Jadi saat ini Anda pilih yang mana mas? Disesuaikan dengan minat dan kemampuan saja mas. Insya Allah akan lebih menentramkan dan menyenangkan nantinya

      Hapus
  40. Maaf, mau tanya klo medRep cara kerja y seperti apa?
    Knp harus ada sim C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kendaraan operasionalnya sepeda motor mas, jadi butuh SIM C. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel lainnya pada jobdes seorang medreps...

      Hapus
  41. Assalamu'alaikum mas Bambang
    Saya mau menanya kn
    Medrep itu kan jabatan
    Kalau maslah divisi itu gimana ya mas ,
    Dan kalau sebagai pemula
    Itu lebih cocoknya ke divisi mana ya mas ?
    Terima kasih atas kesempatan nya mas

    BalasHapus
  42. Assalamu'alaikum pak Bambang.
    Apakah saya bisa dibantu utk list PMA dan PMDN yg ada di Indonesia?
    Saya sdh search di google, namun ada bbrpa perusahaan yg tdk terlisting pada situs yg saya buka.
    Terima kasih pak.

    BalasHapus
  43. Assalamu'alaikum pak Bambang.
    Apakah saya bisa dibantu utk list PMA dan PMDN yg ada di Indonesia?
    Saya sdh search di google, namun ada bbrpa perusahaan yg tdk terlisting pada situs yg saya buka.
    Jika pak Bambang punya list nya dan berkenan utk share ke saya, bisa ke email saya muhammadbudi06@gmail.com.
    Terima kasih pak.

    BalasHapus
  44. Wa'alaikumsalam warahmatullaahi wabarakaatuh. Untuk mengetahui daftar PMA, bisa masuk ke situs IPMG mas. (http://www.ipmg-online.com/index.php?modul=profil&cat=PMembers ) Yang PMDN saya belum terlalu update infonya

    BalasHapus
  45. salam kenal pak bambang. insyaallah besok saya interview d kalbe farma sbgai mr. pak mau tnya suka duka mr seperti apa? apa kita selalu di pusingkan dengan target? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka dukanya ada mas artikel nya di blog ini juga. Tiap orang sih beda2 pengalaman dan penerimaan nya terhadap setiap peristiwa. Profesi ini bisa hidup dan bergerak karena adanya target. Jadi nggak mungkin bisa dipisahkan. Bukankah mimpidan cita2 itu juga merupakan target? So, jangan pernah khawatir. Jalani saja. Mbuh piye carane, sing penting nikmati wae...

      Hapus
  46. Assalamualaikum...saya baru saja diterima kerja sebagai medrep..dan yg saya baru baca, seorang medrep harus bisa berkomunikasi dg baik, Namaun saya agak sedikit kurang bisa baik dalam bercakap..tapi yg saya yakini tidak ada yg tidak mungkin,saya yakini saja dalam hati,,kalau saya bisa... terimakasih atas artikel nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikummussalam warahmatullaahi wa barakaatuh. Alhamdulillaah, selamat ya mas. Kemampuan berkomunikasi adalah bagian dari keahlian yang bisa dipelajari dan dilatih. Sehingga tidak perlu resah dan khawatir bila saat ini merasa belum menguasainya. Seiring perjalanan waktu dan bertambah nya pengalaman, plus keinginan kuat untuk belajar, Insya Allah kita akan terampil berkomunikasi nantinya. Tetap semangat dan semoga sukses selalu ya

      Hapus
  47. Assalamualaikum pak sy baru saja dari interview dan sy sangat menyesal karna lupa bertanya secara detail untuk kerjaan ini. Jadi sy harap bpk bisa membantu sy. Sy mau tanya untuk kerjaan ini apakah kita bakalan seharian dan terus2an pergi kesana kemari untuk mendapatkan mitra, atau dari pihak kantor sudah diberi tujuan kita harus kemana tinggal menawarkan saja? Mohon bantuan jawab ny pak 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikummussalam warahmatullaahi wa barakaatuh. Daftar customer yang akan dikunjungi sudah ada, tinggal dijalankan saja koq. Yang penting tetap bersyukur dan bersemangat, agar hasilnya memuaskan. Untuk jelasnya bisa order ebooknya. Semoga sukses ya...

      Hapus
    2. Alhamdulillah berarti sebagai karyawan baru tidak perlu khawatir dan bingung mencari2 mitra, tinggal meningkatkan komunikasi yg baik aja 😊 terimakasih pak, semoga sy mendapatkan kabar baik setelah interview kemarin 🙏🙏

      Hapus
  48. Maaf pak saya mau bertanya
    Apakah perusahaannya sudah ada di Medan?

    BalasHapus
  49. Terimakasih kak, infonya sangat membantu sekali... Pengalaman saya dftr di PT. Konimex bagian analis, tapi di tawarin Mr... Pertama saya ragu akhirnya saya yakin, skrng sdh sampai interview tahapan akhir.. mohon doanya ya kakak2 semoga dizza segera kerja. Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  50. R.PENTING UNTUK DICERMAT!!! Jumlah orang yg terinfeksi Covid19 bukannya semakin menurun tapi justru semakin banyak diperbagai daerah dan banyak area yg ber zona MERAH serta Lockdown mikro serta munculnya berbagai varian Covid19 dibeberapa daerah,kita tidak dapat menghindar adanya Covid19 beserta variannya ini karena mereka ada dimana mana,yg bis a kita kendalikan dan perbuat adalah menjadi kan badan SEHAT,dan SEHAT dengan immune yg tinggi & utk meningkatkan immune ini jangan mengkonsumsi semua vitamin dan mineral tapi anda cukup mengkonsumsi obat suplemen & makan makanan yg mengandung hanya 5 molekul ANTIOKSIDAN yaitu Vit A/Betakaroten,Vit.C,Vit.E,Selenium dan Zinc.Mengapa hanya 5 molekul antioksidan itu ??? untuk menambah pengetahuan tsb tontonlah video berdurasi pendek ini agar pemahaman anda lengkap dan komprehensif.Jangan lupa klik subscriber spy anda mendapat notifikasi awal saat ada tayangan video yg baru

    BalasHapus
  51. Aslmu'alaikm wr.wb
    Kak mau bertanya? Untuk yg baru kerja apakah kita harus mencari mitra dulu atau sudah ada dari instruksi atasan tinggal melakukan detailer kdp dokter, terus kalo selama sebulan gk mencapai target apakah berpengaruh pada gaji kita?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  52. Wa'alaikummusalam warahmatullaahi Wabarakaatuh.
    1. Biasanya perusahaan sudah punya list customer yang harus dikunjungi, mencakup nama, tempat praktek, best time dikunjungi, dan data lain yang sekiranya diperlukan, seperti kelas dokter sesuai jumlah peresepannya.

    2. Kalau tidak mencapai target, biasanya hanya tidak mendapatkan insentive saja. Gaji tetap diberikan sesuai kesepakatan

    BalasHapus