Suka Duka Medical Representative


Ada yang bertanya kepada saya, apa kelebihan dan kekurangan bekerja sebagai Medical Representative? Atau dengan kata lain suka dukanya bagaimana.? Selama 8 tahun berkecimpung di dunia farmasi sebagai seorang Medical Representative, saya banyak mendapatkan pengalaman. Penempatan pertama saya di DKI Jakarta. Kemudian Sumatra Barat, lalu Jawa Barat, dan terakhir di Sumatra Selatan.  Saya jadi bisa bertemu dengan banyak orang dan mengunjungi banyak tempat yang indah. Belum lagi apabila berkesempatan ke luar negeri, seperti Singapura, Hongkong, Beijing.
Saya juga mendapatkan beragam pelatihan dan training, yang membekali dan membentuk karakter yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
Ketika bertemu dengan Medical Representative dari perusahaan farmasi yang lain,  saya banyak mendapatkan pengetahuan mengenai obat dan indikasinya, jadi kadang-kadang bila ada saudara atau teman yang sakit, mereka cukup bertanya kepada saya apa obatnya. Jadi ngirit kan, mereka tidak perlu ke dokter, hahaha.
Wawasan kita juga bertambah luas, karena dokter yang kita hadapi kan berbeda-beda karakternya, sehingga berbeda-beda pula tema pembicaraan yang mereka sukai, dengan demikian agar kita bisa masuk dalam zona nyamannya, kita berusaha banyak mendapatkan informasi, dari olah raga, gossip artis, politik, ekonomi, dan juga bahkan masalah agama.
Ketika perusahaan memberikan target yang harus kita capai, kita diajarkan untuk membuat rencana kerja bagaimana mencapainya dan kita terus dimotivasi agar bisa mencapainya.
Dari segi penghasilan, selain gaji, kita mendapatkan tunjangan motor, bensin, parkir, pulsa HP, kos/kontrakan, uang makan harian, penginapan kalau ke luar kota, yang jauh lebih besar daripada UMR. Belum lagi bila kita mendapatkan insentif.
Nah, lalu bagaimana dukanya? Menurut sebagaian teman saya, dukanya adalah kalau mendapat dokter yang sulit ditemui, sudah nunggu lama, eh… malah pergi begitu saja! Atau kalau enggak jam kerjanya yang mengikuti jam kerja dokter, jika pasiennya banyak, kita bisa ikut menunggui hingga larut malam atau bahkan hingga dini hari. Selain itu, biasanya menjelang akhir bulan, apabila pencapaiannya masih jauh dari target, maka sehari 24 jam itu rasanya koq ya nggak cukup deh, kita akan semakin banyak mengontak orang dan mengunjungi outlet yang berpotensi menghasilkan penjualan. Tapi itu semua tak berarti apabila kemudian hasilnya memuaskan, target tercapai, segala jerih payah, terbayarkan sudah…
Selamat bergabung di dunia Medical Representative yang dinamis ini!

Penulis : Moh. Bambang Pamungkas

Klik ini: e-book Medical Representative , berisi ulasan lengkap mengenai dunia Medreps!

DAPATKAN E-BOOK ISTIMEWA 'MENGUPAS TUNTAS RAHASIA INTERVIEW KERJA", KLIK DI SINI.

ATAU DALAM BENTUK DVD BERISI PULUHAN VIDEO DAN E-BOOK DI SINI.
readbud - get paid to read and rate articles

61 komentar:

  1. selamat ya bro nich pengalaman nya bagus pertamah di tempatkan di berbagai tempat, nice experience kunjungan balik ya ditunggu untuk ikut contes di blog ini

    BalasHapus
  2. tenkyu bro atas kunjungannya... good luck ya!

    BalasHapus
  3. Dukanya bila target tdk tercapai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, betul...kalau target tak tercapai.. yang penting tetap semangat dan antusias ya!

      Hapus
    2. Mas, saya sudah keterima di kalbe vision sbg medrep. Tpi saya dpt pnempatan di jkrta. Sdngkan saya asli medan. Utk kendaraan slma bkrja sbg medrep katanya tdk difasilitasi. Tp ad tunjangan sewa motor. Itu bgaimna mksudnya yh mas? Thnakyou mas

      Hapus
    3. Selamat ya atas diterimanya bekerja di Kalbe Vision. Tunjangan sewa motor itu maksudnya mas Kevin silakan cari rental motor, atau punya motor sendiri, yang kemudian diberikan uang sewanya oleh perusahaan...

      Hapus
    4. @Kevin salam kenal masbro
      saya medrep dr kalbe vision juga
      baru masuk awal agustus 2019

      saya ditempatin di area kaltim bro
      disini dikit bgt dokternya
      babat alas juga istilahnya org jawa

      Hapus
    5. @kevin, kak kevin saya dpt undangan sikotest di kalbe, untuk rangkaian tesnya gimana boleh kasih tau ngga kak ?

      Hapus
  4. klau targetnya gak terpenhi apakah bermasalah pada gaji?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bermasalah pada karir tentunya...karena dianggap tidak berprestasi

      Hapus
    2. Mas ada kenalan nggak u/ lowongan medrep di sumbar? Hehehe

      Hapus
    3. Apakah ada teman-teman pembaca di sini yang bisa membantu pertanyaan mas Ainu ini?

      Hapus
  5. pak klo dunia bank Medical p ini seperti marketing y

    BalasHapus
  6. kerjanya full time ya min. kalo sambil kuliah g mungkin bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kerja full time. Berat bagi waktunya kalau disambi kuliah..

      Hapus
    2. Full time maksudnya mas 24 jam harus stand by gitu

      Hapus
    3. Full time itu 8 jam kerja

      Hapus
  7. Besok saya ada interview sm PT DIPA PARMALAB untuk posisi medrep, tp sya masih ragu apa bisa nawarin barang kaya di atas

    BalasHapus
  8. apakah ada yang tau mengenai pt dexa medica?

    BalasHapus
  9. Mw tanya min, brp take home pay yg biasa diterima sebagai medrep ql target tercapai, n brpa jg take home pay yg ditrima ql gk capai target, cz bsok sya ada interview min,
    Ma

    BalasHapus
    Balasan
    1. take home pay kan terdiri dari beberapa komponen, ada basic salary dan allowance (tunjangan). Itu yang diterima secara tetap per bulan. Besarnya tunjangan dan jenisnya berbeda-beda pada setiap perusahaan. Masalah itu kemudian diberikan atau tidak ketika tidak mencapai target, itupun tergantung kebijakan perusahaan. Ada yang tetap memberikan utuh.

      Hapus
  10. saya kterima traning d Otto saya bingung apa yg harus d pelajari,mohon bimbingannya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya mas/mbak. Bersyukurlah, itu yang pertama kali harus dilakukan. Berikutnya, ya mengikuti jadwal trainingnya dengan penuh semangat. Cukup jaga kesehatan, fisik maupun mental.Apa yang dipelajari, akan diajarkan dna disampaikan saat training. Tentu saj ayang utama adalah kemampuan selling skill dan product knowledge. Sukses ya!

      Hapus
  11. Ini saya prempuan, ada tawaran interview medical representative dimakassar, karena kbtulan sya dmksr, kira2 apa saja yah yg ditanyakan sptutat interview, dan kira2 gaji awalnya brpa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah mbak, selamat ya. Jawaban pertanyaan ini ada di blog ini mbak. Silakan klik di bagian tips interview dan gaji medreps. Semoga bermanfaat dan sukses selalu ya!

      Hapus
  12. Kalo medref kerjanya nyantai ga si?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Profesi apapun harus diseriusi agar hasilnya optimal. Disyukuri dengan bekerja sebaik-baiknya. insyaAllah hasilnya tidak akan mengkhianati usaha yang kita upayakan. Waktu santainya ada dong. Yakni ketika menanti waktu kunjungan. Bisa digunakan untuk bercakap-cakap dengan teman seprofesi, baca buku, menambah pengetahuan dan keahlian. Sukses ya

      Hapus
  13. kalau ada loker medrep , tlg info yah .. buat suami saya .. 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan teman-teman, bila ada loker mrdreps, ibu ini bisa dibantu informasi nya...

      Hapus
  14. Mau nanya om. Jika target tidak tercapaii dalam waktu masa training 6 bulan akan di suruh resign ? Atau apa dampakknya yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kebijakan masing-masing perusahaan mas. Tanyakan kepada yang berwenang mengenai hal itu... Parameter pencapaian target ini memang menjadi faktor utama penilaian kinerja, jadi gunakan betul masa itu sebagai pembuktian kita mampu berkinerja baik. Semangat mas, kita pasti bisa!

      Hapus
    2. Disuruh resign itu sama tidak mas dengan di pecatt ?
      Selama 4 bulan ini sy emg sudah berusahaa. Tambh lagi sy bukan orang daerah snii msh selalu lupa jalan. fres grad dengan bacground berbeda.

      Hapus
    3. Resign atau dipecat, ujungnya sama. Sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut. Tetap semangat mas untuk berusaha. Saya juga berkali-kali pindah area, pindah provinsi, pindah pulau. Background juga beda. Semangat dan antusiasmelah yang mampu mengatasi segala halangan dan rintangan. Jangan mudah menyerah dan mau belajar hal baru. Insya Allah kita akan berhasil. Sukses ya!

      Hapus
    4. Makasih yah mass. Mau nanya lagi mass. Maaf repotin sebelumnya. Mass jika target tidak terpenuhi dalam masa training kita yang 6 bulan. Apakah selain dsruh resign apakah kita dsruh bayar dendaa mas karna merugikan perusahaan ?

      Hapus
    5. Mestinya ya nggak bayar denda laaaah... Tapi baiknya tanya atasan saja, agar lebih jelas

      Hapus
  15. Assalamu'alaikum mas. Saya lulusan D3 Farmasi di Kota Makassar.Rencananya,saya ingin terjun ke dunia marketing dan menjadi seorang medical representative. Boleh tanya gak mas,tips dan triknya agar selalu capai target. Makasih,wassalam.

    BalasHapus
  16. Assalamu'alaikum mas. Saya lulusan d3 farmasi dan tertarik utk menjadi seorang medical representative. Boleh minta dong mas,tips dan trik agar selalu capai target dan disenangi ama dokter. Makasih,wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikummussalam warahmatullaahi wa barakaatuh. Alhamdulillaah, mantab mas. Tipsnya sederhana mas, cuman kerja keras dan kerja cerdas. Kuasai betul product knowledge, kemampuan berkomunikasi dan presentasi, ramah, penuhi jumlah target kunjungan dan lebihkan jumlahnya. Belajar dan berlatih terus agar kemampuan selling skillnya meningkat..jangan lupa untuk selalu positive thinking agar selalu bersemangat dan antusias.. semoga sukses ya

      Hapus
  17. Kita untuk penempatan itu hanya sendiri pak? Atau bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung areanya. Bisa sendiri, single fighter, bisa juga barengan yg lain.

      Hapus
  18. Ada loker medrep kah area bekasi karawang

    BalasHapus
  19. Pak bambang mau tanya, keuntungannya sebagai medrep yang dapat penempatan daerah "basah/gemuk" secara history, apa saja pak?

    BalasHapus
  20. Tentu saja keuntungannya adalah sales mudah diciptakan, target lebih mudah dicapai, walau konsekuensinya target lebih tinggi dibanding area lain. Di sisi lain, mungkin kompetitor juga ikut bermain aktif di sana...

    BalasHapus
  21. Di saat down ingat kembali kebutuhan/cicilan yg harus di bayar

    BalasHapus
  22. salam sukses mas, mas saya mau tanya bidang medrep itu untuk prospek jangka kedepannya menjanjikan apa eggak mas ? saya dapat tawaran kerja sebagai medrep di PT Tunggal idaman abdi mas, tapi saya udaah setahun setengah di dunia finance, agak ragu ragu gitu mas ambil tawaran itu apa engga.. saya baru tahu bidang medrep juga, kepikiran prospek jangka panjangnya di medrep mas. mungkin teman teman yang sudah kerja di bidang medrep bisa ikut sharing. thanks mas ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sukses juga mas. Medreps, sebagaimana posisi sales di bidang lain, justru lebih menjanjikan di sisi jenjang karir. Peluang dan posisi lebih banyak dan terbuka. Sepanjang kita berprestasi. Kalo enggak, ya di bidang apapun akan menthok di level terbawah terus. Jadi, berbedalah dengan yang lain dalam hal prestasi dan kontribusi. Sukses ya !

      Hapus
  23. Terimakasih pak inspirasi nya
    (Yg butuh pasang WIFI area Surabaya & Sidoarjo)
    Biasa hubungi saya
    085955239791
    Hilmi MNCplay

    BalasHapus
  24. Saya dapet tawaran medrep di pt galenium kak, tp saya belum pernah ada pengalaman jd sales sama sekali, background saya memang farmasi pengalaman saya cuma kerja di apotek dan RS , saya takut gak bisa, apa lg kalau gk sampe target resiko nya apa ya kak?terima kasih

    BalasHapus
  25. Hari ini saya dapat panggilan interview di PT Dipa healthcare sbg Medical Representatif. Saya bingung, karena belum ada pengalaman didunia medis, mohon pencerahannya🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, selamat ya mas Teddy. Semoga lolos dan diterima bekerja. Walaupun tidak punya pengalaman, bukan lah halangan utama. Sebagian besar medreps juga begitu. Tidak perlu khawatir berlebihan. Selama kita mau belajar hal-hal baru dan mau berlatih, insya Allah pekerjaan akan berjalan lancar. Sukses ya !

      Hapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. malam mau tanya, insyallah awal tahun sy diterima bekerja sebagai medrep di pt novell ditempatkan di kediri, mau tanya, ini nanti kita dikasihtau dulu gak sih ya dokter2nya/apotekernya gitu, atau kita lgsg dilepas gitu aja?,trus jg cara mencari2 customernya bagaimana ya?, mohon edukasinya pak,apalg kita gatau wilayahnya, terimakasih,sukses selalu ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, selamat ya mas Ilham. Semoga betah dan sukses dalam karirnya. Untuk customer, perusahaan sudah punya list atau daftarnya mas. Walaupun boleh-boleh saja di kemudian hari kita menambah listnya sesuai kebutuhan. Jadi jangan khawatir. Minta listnya kepada atasan langsung ya...

      Hapus
    2. Bagaimana mas sudah menjalani nya di PT tersebut? Sudah memanjang kah?

      Hapus
  29. lg cari loker kali ada yg bisa bantu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PT. KALBE FARMA, Tbk
      Divisi FIMA

      Di butuhkan segera

      Medical Representative untuk area :

      1. Area Surabaya
      2. Area Malang
      3. Area Madiun - Kediri

      Persyaratan :
      1. Sudah berpengalaman minimal 1 tahun
      2. Pria/wanita Usia maximal 30 tahun
      3. Pendidikan minimal S1
      4. Mempunyai semangat kerja, dan bersedia bekerja dengan target.
      5. Mempunyai kendaraan bermotor & SIM C

      Lamaran bisa di kirimkan :
      yanuar.prabowo@fimafarma.com


      Note : dalam surat lamaran mhn di infokan untuk penempatan mana

      Terimakasih 🙏

      Hapus
  30. Assalamualaikum ijin bertanya pak,apakah untuk menjadi medrep itu biasa nya dicari oleh perusahaan yg fresh grade atau yang sudah berpengalaman sebelum nya dibidang farmasi (sales) ya pak,sebelum.nya saya pernah bekerja dibagaian consumer good as salesman.

    BalasHapus
  31. slamat malem kak, ijin bertanya ya.. gini kak saya kan sedang dalam masa percobaan 3 bulan, sebelum 3 bulan itu apakah ada kemungkinan dipecat ya kak?

    BalasHapus
  32. Malem pak bambang gimna kbarnya,semoga sehat selalu ya pak?izin bertanya pak kalau mau jadi MR tips2 apa biar bisa berkomunikasi lancar soaly saya masih gagu ngomongy.

    BalasHapus
  33. Mas boleh minta kontaknya ga pengen diskusi lebih mengenai profesi medrep ini soalnya saya awam banget dan pengen mendalami profesi ini. Terimakasih mas

    BalasHapus