5 Cara Jadi Orang Berpengaruh di Tempat Kerja

Bisa memengaruhi banyak orang adalah kemampuan yang penting dimiliki pekerja. Baik punya jabatan tinggi maupun tidak, kebolehan dalam memersuasi perlu diasah untuk meningkatkan dan mempertahankan karier Anda. Sayangnya, kemampuan memengaruhi tersebut tidak bisa didapatkan dengan mudah. Selain perlu banyak ilmu dan pengalaman, diperlukan pula gaya komunikasi yang tepat. Berikut lima cara agar Anda bisa jadi orang yang berpengaruh di tempat kerja:

1. Motivasi Agar Jadi Berpengaruh
Cara pertama agar jadi orang berpengaruh adalah Anda perlu memotivasi diri untuk melakukan hal-hal yang patut diikuti orang. Hal ini memang butuh usaha ekstra, terutama untuk Anda yang belum punya posisi tinggi di perusahaan. Ingat, karier tidak semata-semata mengenai kerja keras dan kemampuan saja. Siapa yang bisa berkompetisi dan berstrategi dengan baik punya kesempatan meningkatkan karier lebih cepat. 

2. Terus Perbarui Kemampuan
Agar bisa memersuasi tentu Anda perlu dipercaya. Untuk itu, terus perbarui ilmu dan kemampuan agar tidak ketinggalan informasi. Dianjurkan agar Anda sering membaca atau menonton terutama tentang hal-hal terkait karier. Tak ada salahnya pula untuk mencari pengetahuan di luar industri kerja agar wawasan semakin luas. 

3. Pecahkan Masalah Penting
Jika ingin dianggap berpengaruh dan penting, Anda juga harus bisa memecahkan masalah-masalah besar. Hal ini mungkin sulit bagi Anda yang belum menjadi pemimpin atau punya posisi tinggi. Namun Anda tetap bisa mengusahakannya dengan membantu para atasan mengatasi problema penting di perusahaan. 

4. Ubah Cara Komunikasi
Anda pun perlu menerapkan gaya komunikasi yang tepat. Dilansir Business Insider, Anda sebaiknya harus bisa mengaplikasikan gaya komunikasi maskulin dan feminin, tergantung kebutuhan. Misalnya bersikaplah hangat, lembut, dan penyayang ketika membantu teman mengatasi permasalahannya. Namun jadilah orang yang lebih agresif, menuntut, dan kompetitif saat bekerja. 

5. Pamerkan ke yang Lain
Bila orang-orang sekitar tidak tahu kemampuan Anda, mereka tidak akan mudah dipengaruhi oleh Anda. Untuk itu, ada baiknya untuk menginformasikan prestasi kepada mereka. Apalagi menurut penelitian, seorang wanita akan lebih mudah dipromosikan ketika didukung teman-teman daripada promosi diri sendiri. Tapi ingat untuk menerapkan cara-cara yang anggun dan tidak terkesan pamer.

Sumber

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar