4 Kebiasaan Makan yang Menggangu Produktivitas Kerja

Banyak pekerja yang merasa waktu di kantornya terbuang sia-sia sebab tidak produktif seharian. Biasanya hal tersebut terjadi karena terlalu banyak bersantai, 'berselancar' di internet, atau memang tidak efektif dalam menyelesaikan tugas. Selain itu, kurangnya produktivitas juga bisa disebabkan karena kebiasaan makan yang tidak tepat. Berikut adalah empat di antaranya: 

1. Tidak Merencanakan Makan Siang
Tak hanya proyek kerja saja, makan siang juga perlu direncanakan dengan matang. Menyiapkan makan siang justru punya manfaat psikologis dan bisa mendorong Anda untuk lebih produktif saat bekerja. 

Agar tetap semangat sampai akhir jam kerja, sediakan makanan yang sekiranya Anda sukai namun tetap bernutrisi. Jika bisa, bawa bekal dari rumah dan hadirkan menu yang berbeda-beda setiap harinya. Hindari makan sembarangan yang justru menurunkan kesehatan atau membuat Anda sakit perut saat sedang bekerja.

2. Terlalu Banyak Karbohidrat
Saat pagi hari dipenuhi meeting atau mengejar deadline, Anda mungkin merasa lemas dan ingin makan siang penuh karbohidrat agar kenyang maksimal. Namun hindari mengonsumi terlalu banyak karbo yang bisa membuat mengantuk bahkan brain fog atau tidak bisa berpikir jernih saat sore harinya. 

Dilansir Business Insider, makan siang yang disarankan mengandung gandum, sayur, dan yogurt untuk memproduksi energi sepanjang hari.

3. Keseringan Minum Kopi
Meski bisa membuat hari lebih bersemangat, kopi tidak baik dikonsumsi terlalu banyak. Sebuah studi dari jurnal Neuropsychopharmacology mengungkapkan jika kafein justru dapat membuat Anda bermalas-malasan. Jika diminum empat gelas sehari, kopi akan menimbulkan efek negatif, seperti membuat sistem saraf terlalu terstimulasi dan aktivitas motorik tidak bekerja dengan baik.

4. Ngidam Snack Manis
Terlalu sibuk membuat orang jadi malas makan siang. Hal ini juga perlu dihindari sebab berisiko menimbulkan keinginan mengemil di sore harinya. Karena lapar, biasanya orang akan ngidam makanan manis yang secara instan bisa mendorong energi dan mood. Sayangnya, asupan manis tidak terlalu baik untuk tubuh karena menurunkan gula darah sehingga membuat badan lemas dan tidak produktif.

Sumber

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar