Momen-Momen Canggung yang Pasti Pernah Anda Alami di Kantor

Meski lingkungan kerja biasanya formal, momen canggung pasti pernah Anda temukan. Misalnya ketika harus 'berduaan' dengan bos di lift atau 'diceramahi' pasca melakukan kesalahan. Situasi seperti itu tentu tidak bisa dihindari karena Anda pasti berinteraksi setiap harinya. Untuk menghindari salah bersikap ketika itu terjadi, pakar karier mengungkap lima momen canggung yang sering terjadi dan cara menghadapinya:

Ingin Minta Promosi

Demi berkembangnya karier, penting untuk menuntut promosi jabatan atau kenaikan gaji. Tapi Anda mungkin merasa canggung atau malu untuk menyatakannya pada atasan. Disarankan untuk menyatakannya dengan tegas tapi halus. Ini yang bisa Anda katakan kepada bos dilansir Business Insider:

"Belakangan ini aku sedang memikirkan perkembangan karier dan aku juga memikirkan langkah-langkah ke depannya. Aku ingin berbicara denganmu mengenai itu. Menurut kamu, bagaimana?"

Bos Tidak Setuju Permintaan Naik Gaji
Meski kita harus berani meminta kenaikan gaji, tidak semua permintaan bisa disetujui. Saat itu terjadi, mungkin Anda akan merasa canggung bahkan malu untuk berhadapan dengan bos. Tapi ada baiknya untuk bersikap dan bekerja seperti sebelumnya dan tidak memaksakan kehendak. Jika tidak bisa naik gaji atau dapat promosi, katakanlah ini agar terlihat seperti team player:

"Jika tidak bisa naik jabatan (atau gaji), bagaimana caranya untuk bisa lebih terlibat pada proyek-proyek besar perusahaan,"

Dikritik Atasan
Dikritik atasan tentu pernah membuat Anda sedikit down. Apalagi jika bos Anda mengatakannya dengan kurang menyenangkan. Namun sebaiknya hal itu tidak terlalu dimasukkan hati dan jadikan saran untuk berkembang.

"Ini memang tidak enak didengar tapi aku mengerti apa yang tadi kamu katakan dan aku mengapresiasi bahwa kamu memperhatikanku. Sebaiknya aku harus bagaimana?,"

Satu Lift dengan Bos
Hal ini kadang tidak terhindarkan dan jadi canggung terutama bila Anda kurang mengenal atasan dengan baik. Anda pun mungkin bingung harus mengatakan apa. Jika begitu, bicarakanlah hal-hal terkait kerja atau puji sesuatu mengenai perusahaan. 

"Aku suka perusahaan ini sering mengadakan pesta. Aku tidak pernah bekerja di perusahaan yang seperti ini," 

Ingin Minta Teman untuk Diam
Keadaan kantor pasti pernah sangat berisik hingga Anda tidak bisa mengerjakan tugas dengan tenang. Ingin meminta rekan-rekan untuk diam pun rasanya tidak enak. Tapi untuk menghindari kesalahan, tak ada salahnya untuk sesekali menegur dengan halus. Diharapkan teman-teman akan mengerti.

"Tahu tidak, aku tidak pernah bisa berkonsentrasi kecuali keadaannya tenang,"

Sumber 

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar