Yang Perlu Dilakukan di Usia 20an Agar Sukses Saat Usia 30an

Umur 20an menjadi momen krusial bagi para wanita juga pria untuk memulai karier, menetapkan jati diri, dan mengeksplorasi potensi. Untuk itu, tak perlu bersikap pesimis ketika Anda belum merasa sukses di usia kepala dua ini. Lebih baik, manfaatkanlah masa muda dan persiapkan diri agar karier bisa lebih berkembang bahkan matang saat memasuki usia 30an. Bagaimana cara terbaiknya? Simak tujuh tipsnya berikut dilansir Business Insider:


Keluar dari Zona Nyaman
Dianjurkan agar Anda memanfaatkan usia 20an sebagai waktu untuk mengembangkan kemampuan sosial. Untuk itu, keluarlah dari zona nyaman. Bukan hanya dalam hal pekerjaan namun juga pertemanan. Perbanyak kawan di luar lingkaran pertemanan Anda sekarang untuk memperluas jaringan dan koneksi.
Menabung untuk Masa Depan
Anak muda sering merasa punya banyak waktu sehingga tidak ingin menabung dan cenderung menghamburkan uang. Sebaiknya Anda tidak melakukan hal serupa dan mulailah menyimpan uang untuk masa depan. Hal tersebut penting untuk mewujudkan impian di usia 30an misalnya membeli rumah, mobil, atau mungkin traveling keliling dunia.

Cari Hobi yang Mengurangi Stres
Menjalani hobi juga penting dilakukan di usia 20an. Bukan untuk eksistensi tapi namun untuk mengurangi rasa stres yang sering timbul karena tekanan dari karier atau kehidupan personal. Dianjurkan untuk melakukan hobi yang merelaksasi dan menstimulasi secara mental misalnya bermain catur atau menyelesaikan puzzle. 

Terlibat Amal
Jangan hanya memikirkan karier untuk diri sendiri namun ingatlah untuk berbagi dengan orang lain. Apalagi terlibat dalam pekerjaan sosial atau amal bisa membuat hidup lebih berharga. Manfaatkan waktu dan energi berlebihan Anda untuk membuat perbedaan di dunia. 

Traveling
Menurut riset, millennial lebih mementingkan liburan dari pada gaji yang lebih besar. Selain penting untuk kepentingan media sosial, traveling diketahui bisa mengurangi rasa stres hingga memicu ide kreatif. Saat bepergian, jadilah traveler sejati dari pada sekadar turis. Artinya, Anda perlu memperluas pengalaman dan mempelajari kebudayaan baru sehingga benar-benar memperkaya diri.

Kembangkan Ilmu dan Kemampuan
Masa muda juga baik digunakan untuk menggali berbagai ilmu dan pengetahuan serta mempelajari kemampuan baru. Namun ingat, di zaman seperti ini hindari terlalu percaya atau mudah terprovokasi dengan semua berita yang ada di internet. Lakukanlah riset terlebih dahulu sebelum ikut melakukannya. Pelajari pula kemampuan baru terkait bidang kerja agar Anda lebih spesial dan karier pun berkembang.

Punya Kerja Sampingan
Mengapa dianjurkan punya kerjaan sampingan? Menurut coach kepercayaan diri Susie Moore, profesi kedua bisa menjadi investasi Anda dalam hal ilmu dan kemampuan. Hal itu juga akan menghasilkan penghasilan ekstra untuk tabungan masa depan. 

"Sebuah pekerjaan sampingan adalah bisnis yang kamu jalankan di waktu luang yang membiarkanmu fleksibel untuk mengejar apa yang membuatmu tertarik. Itu kesempatan untuk menggali (ketertarikan) pada makanan, travel, fashion, atau apapun yang membuatmu bergairah menjalani pekerjaan harian," ungkap Susie. 

Sumber

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar