Perhatikan 5 Hal Ini Saat Diskusikan Gaji dengan Teman

Gaji adalah hal tabu untuk dibicarakan dengan rekan kerja atau teman. Membahas penghasilan dianggap sensitif bagi sebagian orang bahkan di antara sahabat dekat dan keluarga. Tapi saat ini tidak sedikit pekerja yang terbuka dalam membicarakan demi mengetahui kisaran gaji di lingkungan profesi, apalagi bagi para millennial. Ingin melakukan hal serupa? Berikut adalah lima hal yang perlu diperhatikan saat diskusi gaji dengan teman:

1. Bicara Terbuka dan Jujur
Membicarakan gaji dengan teman bukan berarti Anda terlalu ingin tahu atau mau membanding-bandingkan. Hal tersebut bisa dilakukan untuk berbagi pikiran dan pengalaman mengenai pengelolaan keuangan. Jika Anda memang ingin mendiskusikannya, coba mulai terlebih dahulu dengan terbuka dan jujur. Dilansir My Domine, membicarakan penghasilan bisa memberi pengaruh baik untuk karier Anda jika memang gaji teman ternyata lebih tinggi karena dapat memotivasi.

2. Setara Pendapatan
Mendiskusikan uang sering dianggap tabu bagi banyak orang, tak terkecuali orang yang ingin Anda ajak bicara. Agar aman, coba pilih teman atau rekan kerja yang sekiranya setara dalam hal jumlah pendapatan atau masalah keuangan. Jika memang gaji Anda berdua tidak berbeda jauh, hal itu akan memimalisir rasa cemburu di antara kalian. Dengan orang tersebut, Anda pun bisa meminta pendapat mengenai masalah keuangan dengan lebih leluasa dan cocok.

3. Berbagi Kesalahan Finansial
Jangan hanya fokus pada angka penghasilan teman. Jika bisa, coba diskusikan pula mengenai problema bahkan kesalahan dalam mengelola keuangan yang selama ini sering dihadapi. Hal itu sepertinya lebih nyaman dibicarakan dengan teman dekat atau sahabat yang memang tidak menilai Anda atau membicarakan di belakang. Apalagi bila orang itu memang dikenal baik mengatur uang.

4. Buat Kesepatan
Sama-sama sulit mengatur keuangan? Coba bikin kesepatan bersama. Misalnya saja jika Anda berdua ternyata sulit untuk menabung. Buatlah perjanjian untuk menyisakan paling tidak 20% gaji untuk cadangan dana di masa depan. Diharapkan hubungan Anda berdua juga bisa jadi lebih dekat karena ini.

5. Mengerti Situasi Teman
Karena bicara gaji adalah hal yang tabu dan sensitif bagi sebagian orang, sebaiknya Anda mengerti posisi teman. Jika ia tengah bermasalah dengan keuangan atau gajinya lebih rendah dari Anda, hindari membagi topik-topik yang terkesan pamer. Dengan begitu, Anda tidak akan menyinggung perasaannya.

Sumber

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar