Dalam Karier, Ini yang Lebih Buruk Daripada Jadi Pengangguran

Banyak orang berusaha keras untuk bertahan dalam karier yang sebenarnya tidak menyenangkan. Biasanya orang-orang tersebut ragu untuk resign dan mencari pekerjaan lain seolah hidup akan berakhir ketika mereka menganggur sementara. Padahal menyiksa diri di tempat kerja yang tidak membawa kebahagiaan bisa mengganggu kesehatan mental. 

Studi yang dipublikasi Occupational and Environmental Medicine mengungkapkan demikian. Hasil penelitian itu pun menunjukkan jika menganggur saja bahkan lebih baik dari pada menjalani pekerjaan berkualitas rendah. Untuk itu, tak perlu ragu untuk resign dari perusahaan dan mencari pekerjaan atau profesi lainnya yang lebih sesuai dengan minat Anda.
Profesi yang membosankan, berpenghasilan tidak stabil, atau kurang sesuai dengan kemampuan memang membuat bekerja jadi kurang bersemangat. Jika dibiarkan terus menerus, peneliti mengatakan jika hal tersebut dapat mengancam kejiwaan. 

"Orang yang mencari pekerjaan lain menunjukkan peningkatan signifikan dalam kesehatan jiwa dibanding mereka yang menganggur. Tapi responden yang pindah ke pekerjaan yang kurang berkualitas menunjukkan tanda-tanda penurunan kesehatan jiwa dibanding yang tidak punya pekerjaan," ungkap penulis studi Peter Butterworth.

Temuan ini pun cukup kontradiktif dengan saran karier yang berkembang selama ini. Banyak orang menganjurkan untuk tetap bertahan pada sebuah pekerjaan meskipun kurang menyenangkan asalkan menghasilkan cukup banyak uang. Penelitian ini pun bisa menjadi penyemangat bagi Anda yang berencana resign dan ingin mencari pekerjaan lain demi karier dan kesehatan mental yang lebih baik.

Sumber

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar