Cara Menabung untuk Beli Rumah Idaman dari Ahli Finansial

Adalah impian semua orang untuk punya rumah sendiri. Apalagi untuk Anda yang sudah berkeluarga atau berencana menikah dalam waktu dekat. Namun mengumpulkan uang untuk membeli sebuah rumah tentu tidaklah mudah. Banyak orang bahkan butuh bertahun-tahun menabung untuk bisa memiliki kediaman beserta isinya yang sesuai keinginan. Anda terpikir untuk membeli rumah dalam lima bahkan satu tahun ke depan? Simak cara menabung untuk beli rumah berikut ini. 

5 Tahun ke Depan
Anda yang masih berusia muda mungkin belum mau membeli rumah dalam waktu dekat namun sudah punya cita-cita untuk melakukannya lima tahun ke depan. Walau masih lama, tak ada salahnya untuk mulai menyiapkan dana dari sekarang. 

Ahli finansial Lauren Bowling punya cara mudah menabung untuk beli rumah idaman yang mudah diterapkan. Ia menyarankan agar Anda mulai melunasi segala hutang. Selain agar uang bisa banyak dialokasikan untuk beli rumah, ini juga baik untuk penilaian kredit sehingga nantinya bisa dapat pinjaman. Bila ada bonus atau kenaikan gaji, masukkan dana tersebut pada tabungan untuk beli rumah agar dananya semakin banyak. 

"Fokus pula pada menaikkan pendapatan. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menegosiasikan kenaikan gaji di temapat kerja. Ambil kursus untuk membuatmu lebih bernilai atau cari pekerjaan dengan gaji lebih banyak jika memungkinkan," kata Lauren.

2 Tahun ke Depan
Dua tahun adalah waktu yang cukup singkat jika ingin menabung untuk beli rumah. Untuk itu. perketatlah keuangan dengan menabung lebih banyak. Mulailah menghemat di keseharian, seperti membawa bekal ke kantor, menggunakan transportasi umum, mengurangi berbelanja fashion, hingga menambah penghasilan dengan menjual barang tak terpakai.

"Dua tahun adalah waktu yang cukup untuk memulai bisnis sampingan yang substansial, seperti jual barang di Etsy atau membuat blog yang menghasilkan uang. Jika itu bukan keahlianmu, pindahlah ke rumah dengan biaya kontrak lebih murah," saran Lauren.

Tahun Depan
Punya kediaman sendiri tahun depan bukan hal yang mustahil jika benar-benar diusahakan. Caranya bisa dengan memperketat keuangan sehingga dapat membayar down payment 12 bulan mendatang. Siapkan akun rekening tersendiri untuk mengumpulkan dana tersebut dan jangan menyentuhnya. Jika bisa, ambil lebih banyak pekerjaan sampingan dan hemat pengeluaran, misalnya dengan berhenti berlangganan tv kabel atau streaming berbayar. 

Sumber

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar