Agar Lebih Produktif, Lakukan 6 Hal Ini Saat Jam Makan Siang

Jam makan siang menjadi waktu untuk bersantai sejenak dan mengisi tenaga. Meski begitu, jangan menghabiskan momen tersebut hanya untuk pergi ke tempat makan atau mengobrol dengan teman-teman. Jika bisa, manfaatkan jam istirahat untuk melakukan enam hal ini agar Anda jadi lebih produktif sepanjang hari.

1. Makan Bersama
Sebagian dari Anda mungkin lebih suka makan sendiri di meja atau ruang dapur. Hal tersebut tentu tidak salah atau dilarang namun jika bisa sesekali santaplah makan siang bersama teman-teman. Makan bersama bisa semakin mengakrabkan diri dengan rekan atau atasan sehingga kerja tim Anda jadi lebih kompak. Mengobrol dengan mereka juga bisa menstimulasi otak Anda sehingga lebih segar untuk mengerjakan tugas-tugas selanjutnya.

2. Awasi Jam Makan Siang
Meski makan siang bersama teman-teman dianjurkan, sebaiknya perhatikan waktunya. Jangan sampai Anda melewati jam istirahat karena terlalu asyik mengobrol atau keluar kantor. Hal ini penting diperhatikan terutama untuk Anda yang bekerja di perusahaan dengan aturan ketat atau bos galak.

3. Jangan Terlalu Banyak
Setiap karyawan tentu perlu makan yang cukup agar tenaganya kuat hingga akhir waktu kerja. Tapi hindari pula makan terlalu banyak terutama yang mengandung karbohidrat. Makan banyak dapat membuat Anda mengantuk, kekenyangan, hingga sakit perut yang mengganggu penyelesaian tugas selanjutnya.

4. Hindari Layar
Jika bisa jangan makan di depan komputer atau sambil mengerjakan tugas. Manfaatkan momen itu untuk benar-benar mengistirahatkan diri sejenak dari pekerjaan. Apalagi jika tugas-tugas Anda sebelumnya tergolong berat. Selain baik untuk kesehatan jiwa, cara ini juga penting untuk mata. Karenanya, bukan hanya komputer yang perlu disingkirkan kala makan siang tapi juga handphone.

5. Olahraga Ringan
Olahraga di tengah-tengah jam kerja mungkin adalah hal yang mustahil bagi banyak pekerja. Untuk itu, lakukan latihan-latihan ringan saja agar tubuh paling tidak tubuh tidak tegang. Yakni dengan stretching atau peregangan atau berjalan-jalan di sekitar kantor. Peredaran darah pun akan mengalir lebih lancar sehingga Anda lebih berenergi agar mudah mengerjakan tugas-tugas lain.

6. Buat Rencana
Jika masih ada waktu, coba manfaatkan jam makan siang untuk mengurus berbagai hal kecil. Tak perlu yang terlalu sulit namun yang sederhana seperti 'to-do list' hari selanjutnya atau membuat janji dengan dokter serta teman. Dengan begitu, hari kerja Anda jadi lebih produktif, bukan?

Sumber

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar