5 Usaha Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Naik jabatan


Umumnya setiap orang bakal naik jabatan kerja saat sudah punya lebih banyak ilmu, pengalaman, dan 'jam terbang'. Jika ingin naik jabatan lebih cepat, itu bisa diusahakan dengan bekerja lebih keras dan mengembangkan potensi yang ada. Tapi terkadang itu saja tidak cukup membuat Anda dilirik oleh bos untuk memegang posisi lebih tinggi dan tanggung jawab lebih berat. Anda juga perlu memperhatikan cara bersosialisasi hingga mencari mentor. Simak saran selengkapnya berikut ini: 

1. Bertindak Seperti Sudah Naik Jabatan

Ingin cepat naik jabatan? Bersikaplah seolah-olah Anda sudah berada di posisi yang diinginkan. Misalnya jika Anda mau naik menjadi manajer, cobalah untuk bertingkah selayaknya pemimpin yang mengayomi rekan-rekan. Jadilah orang yang bisa diandalkan, penuh inisiatif, dan bekerja lebih rajin dari yang lainnya. 

"Jika kamu ingin naik dalam manajemen, bersikaplah seperti kamu adalah seorang pemimpin. Jika kamu benar-benar bagus dalam posisi yang tuntutannya lebih tinggi, kamu akan mendapat promosi. Entah itu dengan bosmu yang sekarang atau orang lain," kata penulis Bill Murphy Jr dilansir My Domaine.

2. Perhatikan Gaya 'Pejabat' 
Untuk bisa bertingkah selayaknya pemimpin, Anda tentu perlu memperhatikan sikap-sikap mereka. Analisa bagaimana mereka memecahkan masalah, berpakaian, hingga buku-buku yang dijadikan referensi dalam bekerja. 

"Lihat orang-orang top di industrimu. Lihat orang-orang top di perusahaanmu. Lihat gambaran dari koran dan majalah mengenai pria dan wanita yang dipromosikan ke posisi dengan bayaran dan tanggung jawab lebih tinggi. Posisikan dirimu seperti para pemimpin, bukan pengikut," kata Brian Tracy dalam buku Earn What You're Really Worth. 

3. Lebih Bersosialisasi
Kadang seseorang dilirik untuk naik jabatan bukan karena mereka sangat bekerja keras atau pintar. Kadang orang-orang yang sering terlihat adalah yang dipilih untuk memegang posisi dengan tuntutan lebih besar. Mereka yang bersosialisasi biasanya dikenali banyak orang sehingga mudah diingat dan terlintas saat mencari posisi tinggi yang sedang kosong. Karenanya jangan sering melewatkan acara kantor.

4. Cari Mentor
Mentor juga penting dicari dalam sebuah kantor. Mentor yang dimaksud bukan untuk mengajar bagaimananya caranya naik jabatan namun demi memberi saran atau mengapresiasi kesuksesan. Ia juga bisa memperlihatkan kesalahan dan cara memperbaikinya serta membimbing karier agar lebih berkembang.

"Mentor bisa jadi hal penting dalam hal menyebarkan pesan positif dengan mengunggulkan kemampuanmu, talentamu, dan kebisaanmu di organisasi pada orang-orang yang tepat," ungkap Jean May dalam As the Chicago Tribune.

5. Bangun Hubungan dengan Rekan-rekan
Jika ingin naik jabatan, pastikan hubungan Anda dengan rekan-rekan dan atasan dalam kondisi baik bahkan sangat dekat. Karena kesempatan untuk menjabat posisi tinggi tidak akan terjadi jika mereka tidak menyetujui. 

"Semakin banyak orang yang mendukungmu dan ingin melihatmu sukses, semakin bagus kesempatan untuk kerjakerasmu dikenali," kataDr. Bernice Ledbetter kepada Huffington Post. 

Sumber

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar