5 Cara Sederhana Mempertahankan Pekerjaan

Untuk memiliki perjalanan karier yang berjalan sukses dan panjang, Anda tentu perlu melakukan berbagai cara untuk mempertahankannya. Mempertahankan karier sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Anda yang hanya perlu konsisten dan bersungguh-sungguh ketika menerapkannya. Orang-orang yang masih aktif bekerja hingga berusia matang umumnya menjalankan kebiasaan-kebiasaan sederhana yang membawa pada kelanggengan. Seperti apa caranya? Simak lima tipsnya berikut ini:

7 Tanda Karyawan Stres karena Beban Pekerjaan

Karier memang seharusnya menantang dan membuat Anda mengerahkan segala kemampuan dan potensi secara maksimal. Namun tanggung jawab yang terlalu besar membuat beberapa pekerja jadi merasa tertekan berlebihan. Kondisi tersebut pun tidak selalu disadari oleh para pekerja.

Sejumlah karyawan bahkan menganggap hal itu sebagai sesuatu yang wajar kemudian memutuskan untuk tidak terlalu memedulikannya. Alhasil, situasi tersebut kerap membawa mereka ke dalam rasa stres yang mempengaruhi kesehatan fisik dan jiwa. Agar Anda tidak bernasib serupa, kenali tujuh tanda rasa tertekan dalam bekerja berikut ini:

5 Cara Tinggalkan Kesan Baik Sebelum Resign

Anda sudah dapat pekerjaan baru atau ingin berhenti kerja untuk jadi ibu rumah tangga? Setelah mantap memutuskan, kini waktunya untuk resign dari perusahaan. Sebelum resmi mengundurkan diri, pastikan bila Anda meninggalkan kesan yang baik pada bos serta rekan. Hindari mencari masalah yang membuat rekan-rekan ingin mempercepat hari pengunduran diri Anda. Berikut lima cara lainnya:

1. Memberi Tahu Bos

6 Kebiasaan Sepele di Kantor yang Bikin Anda Kurang Sehat

Pada orang dewasa, gangguan kesehatan sering diakibatkan karena tuntutan pekerjaan. Ketika tugas menumpuk atau membuat tertekan, tubuh menjadi lelah sehingga rentan terkena penyakit. Ternyata bukan hanya banyak kerja saja yang membuat Anda jadi sakit kemudian sering izin. Beberapa kebiasaan sepele dan tidak terduga juga bisa menjadikan Anda perlahan kurang sehat. Apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk di kantor tersebut?

1. Duduk Membungkuk di Kursi

Jangan Langsung Resign, Ini Cara Menghadapi Bos yang Sikapnya Menyebalkan

Seorang atasan seharusnya bisa menjadi contoh teladan bagi para karyawannya. Tetapi bagaimana jika atasan tersebut justru bersikap semaunya dan berperilaku kurang menyenangkan terhadap para karyawannya? Jangan tergesa-gesa untuk mengundurkan diri dari perusahaan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi atasan yang menyebalkan. 

1. Komunikasi
Diterangkan oleh penasihat karier Handi Kurniawan, jika bos berperilaku kurang menyenangkan, seperti bertindak semaunya, tidak mau mengerti perasaan karyawan, atau bahkan bersikap kasar, komunikasi menjadi hal penting yang harus dilakukan. Tak ada salahnya mencari momen spesial dan berbicara baik-baik saat atasan berada dalam suasana hati yang cukup baik.

Hal-hal Tak Terduga yang Menghalangi Anda Dapat Promosi Kerja

Hampir semua pekerja menginginkan perkembangan karier yang cepat. Untuk mendapatkannya, banyak pegawai bekerja keras dan selalu bersikap profesional. Namun jangan pula berlaku terlalu sempurna di tempat kerja. Menurut Ann Rice yang menulis buku 'Find Your Dream Job', hal tersebut bisa membuat Anda terlihat seperti bawahan daripada pemimpin. Berikut lima hal tak terduga yang ternyata bisa menghalangi Anda mendapatkan promosi kerja:

Zaman Sekarang, Melamar Kerja Harusnya Cukup dengan Satu Lembar CV Saja

Selamat tinggal masa CV berlembar-lembar! Jika Anda tengah menyusun curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup untuk melamar kerja, pastikan itu dibuat seringkas mungkin. Erwin Parengkuan, presenter, public speaker sekaligus image consultant, malah menganjurkan CV tidaklah lebih dari satu lembar.

"Di zaman serba dinamis ini, CV seharusnya sudah tidak berlembar-lembar lagi. Kalau kebanyakan orang juga malas membacanya. Kalau bisa dibuat satu lembar justru lebih baik. Harus ringkas dan to the point supaya perekrut kerja lebih mudah memahami," ujar Erwin di sela peluncuran "Garnier Academy: Project 1 Week" di kawasan Senayan, Jakarta.

6 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Pekerjaan Tidak Membuat Stres

Stres karena pekerjaan kerap kali dialami karyawan. Biasanya yang dapat menyebabkan stres saat bekerja adalah persaingan antarkaryawan, pekerjaan yang terlalu menumpuk, konflik dengan atasan, atau jenuh dengan pekerjaan. Apapun yang dapat menyebabkan Anda stres, tidak boleh dibiarkan berlarut-larut sehingga dapat mengganggu kualitas hidup. Cobalah 6 cara ini untuk mengatasi stres karena pekerjaan, agar dapat menyeimbangkan dunia kerja dan kehidupan pribadi. 

1. Luangkan waktu Anda

5 Pertanyaan yang Perlu Anda Jawab Sebelum Putuskan untuk Resign

Meski sudah mendapat tawaran kerja yang lebih potensial, pegawai pasti berpikir matang sebelum mengambil keputusan untuk resign. Mengundurkan diri dari perusahaan semakin tidak mudah ketika Anda sudah nyaman dengan rekan atau lingkungan pekerjaan. Namun demi pengembangan karier, Anda perlu memantapkan hati untuk pindah ke kantor, jabatan, atau bahkan profesi yang lebih baik. Untuk semakin meyakinkan hati Anda, coba tanyakan lima hal ini kepada diri sendiri:

5 Hal yang Paling Penting dan Kurang Penting dalam Resume

Ternyata tidak semua rekruter menyetujui bahwa resume maksimal hanya dua halaman. Hal ini diungkapkan berdasarkan survey yang dilakukan oleh Mortar London. Ada beberapa perbedaan pendapat antara apa yang dianggap para rekruter penting dan apa yang dianggap para jobseeker penting, seperti misalnya personal interests. Hanya 41% rekruter yang menganggap bagian tersebut penting untuk diletakkan dalam resume, sedangkan 72% jobseeker menganggap hal tersebut penting.

Berikut ini adalah 5 (lima) hal yang dianggap elemen paling penting dalam resume menurut para rekruter, yaitu:

Serius! 5 Kebiasaan Ini Mengarahkan pada Kegagalan

Tidak ada orang yang ingin merasakan kegagalan, namun nyatanya kegagalan akan terus membayangi setiap saat. Rintangan yang muncul dalam meraih tujuan Anda akan selalu ada. Celakanya, banyaknya rintangan yang dihadapi ini, membuat seseorang berpikir untuk menyerah apa yang mereka akan sasar dan memutuskan untuk berhenti di tengah jalan. Padahal, kalau niatnya ingin sukses, maka rintangan ini harus ditaklukkkan.

Rasa takut akan kegagalan memang wajar dirasakan setiap orang. Namun jika rasa takut tersebut terus menerus mengalahkan Anda, maka Anda tidak akan maju-maju. Terbiasa dikalahkan rasa takut membuat Anda tidak akan meraih tujuan Anda. Dikalahkan oleh rasa takut ternyata bukan hanya satu kebiasaan yang membuat seseorang menjadi gagal. Terdapat beberapa kebiasaan lain yang ternyata bisa mengarahkan pada kegagalan. Apa sajakah kebiasaan tersebut dan bagaimana solusinya? Berikut pemaparannya.

4 Strategi Mencari Kerja yang Salah dan Bagaimana Memperbaikinya

Terkadang seorang job seeker menyadari bahwa banyak kesalahan yang ia lakukan saat mengirimkan lamaran. Mulai dari lupa meng-attach CV, mengirimkan CV yang belum diperbaharui, sampai cover letter yang salah alamat.

Meski menyadari kesalahannya, ia masih saja melakukan kesalahan yang sama. Di sisi lain terkadang seorang job seeker merasa bahwa ia sudah melakukan hal yang benar. Namun ternyata, apa yang sudah ia lakukan tidak sepenuhnya benar.

Sayangnya, strategi yang sama ini terus menerus diaplikasikan dalam mencari pekerjaan. Jika Anda menyadari akan kesalahan tersebut, segera ganti strategi Anda dalam mencari pekerjaan. Sebelum mengganti strategi tersebut, alangkah lebih baiknya Anda menyimak tips yang diramu oleh The Muse.

Kapan Saat Terbaik Mengundurkan Diri?

Belum saatnya berhenti kerja jika…
Situasi-situasi yang perlu dipertimbangkan.

Keputusan resign bukanlah keputusan yang bisa diambil dalam keadaan terburu-buru. Ada beberapa situasi dan kondisi yang mengharuskan Anda mengurungkan niat untuk berhenti kerja. Penundaan atau pembatalan resign dapat dilihat dari perkembangan situasi di kantor. Jika masih dalam proses dan mulai terjadi perubahan, sebaiknya Anda menunda niat untuk resign sambil melihat perubahannya. Jika semakin membaik, sebaiknya dibatalkan. Berikut adalah situasi-situasi yang sering terjadi yang menyebabkan seseorang sebaiknya menunda atau membatalkan pengunduran diri:

5 Pertanda Untuk Pindah Kerja

Ketika Anda mulai merasa bosan di kantor dan kinerja mulai menurun, mungkin ini adalah pertanda untuk ‘melirik’ jenis pekerjaan baru

Tak banyak orang yang mau keluar dari zona nyaman dan ‘merangkak’ dari awal di pekerjaan yang baru. Tetapi, sebenarnya alih profesi merupakan cara yang tepat untuk mengembangkan karier. Selain bisa menambah pengalaman, Anda juga bisa menuangkan segala kemampuan yang dimiliki. Nah, jika hal-hal berikut ini mulai Anda rasakan, artinya Anda perlu ‘banting setir’ ke profesi yang lebih sesuai dengan minat dan bakat Anda.

5 Cara Untuk Mengembangkan Karier



Merasa karier Anda tak berkembang? Lakukan 5 hal berikut. 
Banyak orang yang berpikir ketika merasa tidak berkembang di sebuah perusahaan, artinya ia tidak cocok bekerja di tempat tersebut dan langkah selanjutnya adalah mencari pekerjaan lain yang harapannya bisa membuat seseorang lebih mengeksplorasi diri dan produktif. Lakukanlah evaluasi terhadap hal-hal berikut ini sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk pindah ke ‘ladang’ yang baru:

1. Tingkatkan Kinerja