7 Kegiatan yang Dilakukan Orang Sukses Saat Weekend

Akhir pekan banyak digunakan para pekerja untuk bersantai di rumah. Tak sedikit pula yang memanfaatkan waktu libur untuk bepergian bersama orang tercinta atau melakukan pekerjaan rumah tangga. Meski dimaksudkan untuk beristirahat, sebaiknya hari Sabtu dan Minggu tidak dihabiskan dengan tidur seharian.

Berdasarkan buku What the Most Successful People Do on the Weekend yang ditulis Laura Vanderkam, bermalas-malasan di akhir pekan tidak memicu kesuksesan karier. Lalu kegiatan seperti apa yang umumnya dilakukan orang sukses saat akhir pekan? Berikut daftarnya:

1. ‎Bikin Rencana
Nonton bioskop atau televisi di akhir pekan memang tidak dilarang. Di sela-sela menyaksikan film atau serial favorit Anda, coba susun daftar rencana. ‎Misalnya daftar rencana keuangan bulanan, lokasi liburan bersama keluarga, atau tujuan pencapaian karier. 

2. Cicil Pekerjaan Rumah
Bagi mereka yang tidak punya atau meliburkan asisten rumah tangga, akhir pekan diisi dengan membersihkan tempat tinggal atau pakaian. Sebaiknya tugas-tugas itu segera dilakukan. Hindari menunggu cucian kotor sampai menumpuk sehingga menghabiskan waktu akhir pekan selanjutnya untuk diselesaikan. 

3. Refleksi 
Ada baiknya pula untuk melakukan refleksi pada akhir pekan. Refleksi di sini bukan berarti pijat namun menganali‎sa apa yang telah Anda perbuat selama seminggu belakangan. Pikirkan pula bagaimana cara membuat karier seminggu ke depannya menjadi lebih baik. 

4. Bergaul
Bila Anda tidak ingin dipusingkan dengan urusan karier saat weekend, bergaul saja dengan orang banyak. Bergaul di akhir pekan bisa menambah kenalan untuk mempermudah karier Anda. Meski begitu, jangan pula melupakan keluarga. Luangkan juga waktu berkualitas untuk berkumpul bersama mereka. 

5. Jauhi Gadget
Gadget bisa membuat Anda lupa waktu dan malas melakukan kegiatan-kegiatan penting di akhir pekan. Untuk itu, batasi penggunaannya. Jika bisa, matikan ponsel yang sering dipakai untuk bekerja sehingga mengistirahatkan pikiran Anda dari tekanan karier. 

6. ‎Perbarui Ilmu
‎Untuk membuat akhir pekan lebih berharga, coba perbarui ilmu serta kemampuan. Misalnya dengan membaca buku atau mempelajari hal baru. Selain tidak membuat hari Sabtu dan Minggu membosankan, hal tersebut juga bisa menambah kualitas diri Anda. 

7. Olahraga
Hal bermanfaat lain yang tak boleh lupa dilakukan saat weekend adalah berolahraga. Di hari kerja, Anda mungkin tidak memiliki waktu dan tenaga untuk melakukannya. Untuk itu, manfaatkan hari Sabtu dan Minggu untuk menyegarkan tubuh dan pikiran dengan latihan. Ingat, rutin olahraga penting untuk kesehatan jangka panjang.

Rahmi Anjani - wolipop

Artikel yang tidak boleh dilewatkan di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar