5 Cara Sederhana Mempertahankan Pekerjaan

Untuk memiliki perjalanan karier yang berjalan sukses dan panjang, Anda tentu perlu melakukan berbagai cara untuk mempertahankannya. Mempertahankan karier sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Anda yang hanya perlu konsisten dan bersungguh-sungguh ketika menerapkannya. Orang-orang yang masih aktif bekerja hingga berusia matang umumnya menjalankan kebiasaan-kebiasaan sederhana yang membawa pada kelanggengan. Seperti apa caranya? Simak lima tipsnya berikut ini:
1. Membangun Hubungan
Mempertahankan karier bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu membangun hubungan baik dengan rekan dan klien. Hal tersebut tentu tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya beberapa menit untuk menyapa dan mengobrol dengan rekan, atasan, atau mantan teman kerja. Dikutip dari situs Time, sempatkanlah diri pula untuk berpartisipasi dalam konferensi atau pertemuan para profesional lainnya. Perkuat juga hubungan dengan klien dengan mengajak makan siang atau mengirim hadiah.

2. Berteman dengan Karyawan HRD
Mulai sekarang, perkuatlah hubungan dengan teman-teman dari divisi personalia atau HRD. Paling tidak salah satu dari mereka. Mereka bisa menjadi sumber informasi terpercaya yang berguna untuk kelangsungan karier Anda. Staff personalia bisa membisikkan informasi mengenai berbagai hal, mulai dari tibanya Tunjangan Hari Raya (THR) hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Tak hanya itu, jika Anda berhubungan baik dengan pihak HRD, mereka bisa membantu Anda ketika terlibat sebuah masalah. Karyawan personalia juga bisa membantu Anda memberikan gambaran mengenai tren pasar.

3. Perkuat Calon Referensi 
Sebelum tiba waktunya mencari pekerjaan baru, perkuatlah referensi Anda. Caranya adalah dengan memastikan bila para atasan mengetahui jika Anda menguasai tugas-tugas. Hal tersebut penting dilakukan agar jika Anda mencantumkan nama atasan, mereka bisa memberi gambaran yang jelas dan posetif mengenai performa kerja selama bekerja di perusahaan lama.

4. Membuat Profil Online
Karena merasa tidak membutuhkan atau terlalu sibuk dengan pekerjaan, banyak orang enggan membuat akun profesional online. Padahal hal tersebut penting dilakukan untuk tetap update dengan informasi seputar industri karier atau lapangan kerja. Memiliki media sosial seperti LinkedIn juga bisa mendekatkan Anda dengan orang-orang seprofesi yang dapat memdaratkan Anda karier baru. Jangan hanya semangat dalam membuatnya, jangan malas untuk memperbarui akun tersebut.

5. Kembangkan Ilmu dan Kemampuan
Salah satu cara sederhana yang bisa membantu Anda memiliki karier panjang adalah mengembangkan ilmu dan kemampuan. Langkah paling mudah adalah dengan banyak membaca surat kabar, majalah, atau situs yang berhubungan dengan bidang karier Anda. Sempatkanlah diri juga untuk meningkatkan potensi diri misalnya dengan mengikuti les bahasa asing. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dari tuntutan pekerjaan Anda.

Rahmi Anjani - wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar